free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan....

Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan

Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan

Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan. Foto : Rumaysho.com

Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, karena dalam setiap harinya terdapat hikmah-hikmah yang tidak terduga. Tidak hanya hikmah yang didapat, bahkan ampunan-ampunan pun juga diberikan oleh Allah SWT di bulan ini. Keindahan pada bulan ramadhan 2017 ini sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim dan kedatangannya sangat dinantikan oleh umat muslim melebihi tamu yang paling istimewa.

Jadi tidak heran bahwa umat muslim sangat menantikan bulan yang suci ini untuk mendapatkan hidayah terindah dari ALLAH SWT. Karena di bulan suci ini semua orang mendapatkan berbagai pahala, bahkan orang tidur pun menjadi pahala di bulan ini. Bagi siapapun yang dapat menyambut bulan ini, jangan sampai menyia-nyiakan. Karena tidak semua manusia dapat merayakan bulan suci ini dikarenakan umur yang sudah ditentukan oleh SWT.

Ketika seseorang telah melakukan berbagai amalan pada bulan suci ini, maka amalan di bulan ramadhan dilipatgandakan oleh ALLAH SWT. Apalagi ibadah di bulan ramadhan, misal sholat lima waktu, membaca Al-Quran, sholat sunnah, dzikir, shalawat dan lainnya akan lebih bertambah pahalanya dari hari-hari biasa yang sering anda lakukan.

Bahkan amalan di bulan ramadhan bagi wanita haid pun diberi keistimewaan, bagi wanita yang haid diharamkan untuk melaksanakan puasa tetapi masih mendapatkan pahala. Begitupun sebaliknya, jika wanita haid tetap melaksanakan puasa maka akan mendapatkan dosa dari ALLAH SWT. Sungguh istimewanya ALLAH memberikan bulan yang suci ini kepada umat-umatnya.

Dalam menjalankan bulan ramadhan harus melakukan puasa dalam sebulan penuh dan hukumnya wajib bagi umat muslim. Puasa bersifat sunnah jika anda terkena sakit parah yang dianjurkan untuk minum obat setiap hari, ibu hamil tua karena bayi yang ada dalam kandungannya sangat membutuhkan asumsi untuk tetap bertahan, anak kecil dibawah 7 tahun, dan orang tua yang sudah lanjut usia sehingga tidak dapat melaksanakan puasa.

Amalan-amalan pun juga perlu diterapkan, agar dapat menambah kenikmatan dalam menjalani aktivitas-aktivitas selama di bulan ramadhan. Beberapa amalan pada dasarnya memang bukan suatu hal yang wajib, namun amalan di bulan ramadhan sesuai sunnah yang diberikan oleh Rasulullah SAW. Inilah amalan-amalan yang dianjurkan selama bulan ramadhan :

1. Puasa

Berpuasa adalah amalan yang terutama bagi umat islam di bulan yang suci ini. Semua umat islam yang ada di dunia ini melaksanakannya dengan senang hati dan penuh kebahagiaan. Dimana kita merasakan berbuka puasa bersama-sama keluarga, kerabat, sahabat dan semua orang yang kita sayangi. Sehingga silaturahmi akan tetap terjaga dan semakin hangat. Antara orang satu dengan orang lain yang awalnya tidak kenal menjadi kenal karena pernah berbuka bersama di masjid yang menyediakan makanan untuk berbuka puasa. Seakan-akan semua umat manusia terasa seperti kerabat sendiri karena melakukan hal-hal yang sama dan tujuan yang sama.

Hal tersebut juga diperintahkan oleh ALLAH SWT yang berada dalam Al-Quran pada surat Al Baqarah (2) ayat 183-187. Dengan itu, bagi kita yang melaksanakan puasa di bulan ramadhan harus mengetahui lebih jauh tentang puasa yang benar dan mengetahui apa yang menjadi larangannya dan perintahnya. Karena berpuasa itu tidak hanya menahan makan dan minum saja melainkan nafsu apapun yang dimiliki manusia harus ditahan dan mendekatkan diri kepada sang pencipta yaitu ALLAH SWT.

Rasulullah SAW bersabda :

Barang siapa yang berpuasa di bulan ramadhankemudian mengetahui rambu-rambu dan memperhatikan apa yang semestinya diperhatikan, maka hal itu akan menjadi pelebur dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya”.

Dalam melaksanakan puasa ramadhan akan mendapatkan hikmah yang tidak terduga. Puasa ramadhan dan himahnya seperti melatih kedisiplinan, mempererat silaturahmi, lebih peduli kepada sesama manusia, melatih kesabaran dan tidak lupa untuk selalu bersyukur. Setelah selesai puasa bulan ramadhan amalan apa yang kita kerjakan, seperti biasanya anda harus tetap melaksanakan shoat 5 waktu, sholat berjamaah, dan melakukan kebajikan.

Baca Juga : Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

2. Membaca Al-quran

Dengan membaca al-quran di bulan suci ramadhan akan mendapatkan pahala yang tidak terhingga. Karena Al-quran adalah buku pedoman bagi umat islam, dan Al-quran pertama kali diturunkan di bulan ramadhan. Maka tidak heran bahwa Rasulullah SAW sering membaca al-quran pada bulan ramadhan dibandingkan pada bulan-bulan lainnya.

Imam Az-Zuhri berkata :

Apabila datang ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca al-quran“.

3. Memberi Makan Buka Puasa

Seseorang yang memberikan makan ke pada orang yang berpuasa untuk berbuka akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang menjalakan puasa sehari penuh.

4. Shalat Terawih

Shalat terawih ini merupakan shalat sunnah yang menjadi bagian dari bulan ramadhan. Shalat ini tarawih ini biasanya dilakukan sebanyak 11 sampai 21 rakaat setelah sholat isya.

5. Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan keberkahan. Dimana malam ini sama dengan malam seribu bulan. Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk mencarinya di malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir pada bulan ramadhan.

Rasulullah SAW berkata :

Barang siapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. Maka beliau pun menganjurkan kita untuk mengucapkan sebuah doa, “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii“, yang artinya Ya Allah, engkaulah pemiliki ampunan dan engkaulah maha pemberi ampun, ampunilah aku.

Itulah tadi pembahasan kita mengenai beberapa amalan yang bisa dilakukan di Bulan Ramadhan. Terima Kasih 🙂

/* */