free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Cara Membersihkan Laptop Dari Virus Dengan Benar....

Cara Membersihkan Laptop Dari Virus Dengan Benar

Cara Membersihkan Laptop Dengan Baik dan Benar

Cara Membersihkan Laptop Dari Virus Dengan Benar

Cara Membersihkan Laptop Dengan Baik dan Benar

PalingAsik.id Halo sobat PalingAsik, ketika kalian mengunjungi laman ini pasti kalian mengalami masalah pada PC atau Laptop kalian yaa ? Biar saya tebak pasti Laptop / PC kalian diserang banyak virus ? Hari gini bro masih virusan, uda gak jaman lah yaa. Nah, kalau kalian masih mengalami hal tersebut, tak perlu khawatir karena pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas bagaimana sih caranya membersihkan PC/Laptop dengan baik dan benar sehingga di kemudian hari kalian tak perlu lagi mengeluhkan terkait permasalahan klasik ini.

Namun sebelum itu, perlu kalian ketahui bahwa selama teknologi di kembangkan dan sambungan internet masih mampu menghubungkan banyak orang jangan berharap kita bisa terhindar dari yang namanya virus seutuhnya. Sebab meski teknologi aplikasi anti virus pada PC, Laptop, dan Smartphone semakin berkembang dengan cukup pesat maka para hacker di seluruh belahan dunia pun berlomba-lomba untuk mampu menciptakan virus dengan tujuan tertentu.

Nama virus terakhir yang cukup populer dan sukses menggebrak masyarakat Indonesia yaitu virus WannaCry yang katanya sudah menyerang beberapa instansi pemerintah maupun swasta salah satunya adalah Rumah Sakit, tapi Alhamdulillah saya dan teman-teman kerja dan kampus tidak terkena virus ini. Nah, langsung saja kita bahas beberapa cara membersihkan PC/Laptop dari virus dibawah ini :

Pasang Aplikasi Antivirus

Hal ini sebenarnya sudah cukup lazim dilakukan oleh banyak orang, percaya atau tidak keberadaan beberapa antivirus ini sebenarnya sedikit banyak memang banyak membantu dalam menghilangkan berbagai macam virus yang ada di PC/Laptop kamu. Berikut ini beberapa aplikasi anti virus yang cukup recommended bagi kamu :

  1. Avast Antivirus
  2. Avira Antivirus
  3. Windows Defender

Disini saya hanya akan menyebutkan tiga anti virus yang menurut saya memang cukup bermanfaat bagi PC/Laptop kamu. Hampir semua antivirus sudah saya coba dan 3 aplikasi diatas adalah yang paling saya rekomendasikan. Kenapa Smadav tidak masuk ? Hampir beberapa review mengenai aplikasi buatan anak Indonesia ini menjelaskan bahwa Smadav tidak cukup signifikan dalam menghilangkan virus PC/Laptop, dan saya pun cukup setuju dengan pendapat tersebut.

Aplikasi Anti virus yang cukup ‘gahar’ dan ‘galak’ adalah Avast Antivirus, sudah terbukti dalam beberapa tahun terakhir saya tidak mendapatkan satu virus pun yang masuk ke PC/Laptop saya karena sebelum virus tersebut masuk, Avast akan memberikan notifikasi pemberitahuan kepada kita terkait aktifitas virus tersebut. Namun sayangnya segala file anda yang bersifat seperti Crack, Patch, dan lain sebagainya juga akan hilang disikat habis oleh Avast ini.

Sedangkan Avira juga memiliki performa yang cukup lumayan jika kita bandingkan dengan antivirus lainnya. Sementara Windows Defender merupakan aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows sehingga kalau kamu menginstall OS Windows khususnya Windows 8 dan Windows 10 kamu tak perlu menggunakan aplikasi antivirus lain. Hal yang sama juga pada sistem operasi iOS yang ada di Macbook milik Apple yang juga memiliki sistem tersendiri untuk mampu mencegah dan menghapus virus yang masuk.

Menggunakan Windows 8 / 10 / iOS OS / Linux OS

Nah, seperti yang telah saya singgung sebelumnya bahwa penggunaan jenis sistem operasi juga cukup berpengaruh pada sistem pencegahan antivirus. Menggunakan Windows 8 / 10 OS, atau iOS OS, dan Linux OS mampu menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang males menginstall aplikasi antivirus. Jika menggunakan iOS OS cukup mahal karena produk buatan Apple, kamu bisa menggunakan indows 8 / 10 OS / Linux OS yang jelas jauh lebih murah. Sudah hampir tiga tahun ini saya menggunakan Windows 8 dan 10 secara bergantian dan Alhamdulillah belum ada virus yang masuk.

Cara Membersihkan Laptop Dengan Baik dan Benar

Mengatur File Manager

Poin ketiga ini sering dilupakan oleh banyak orang bahwa mengatur file itu penting ! Sebisa mungkin pisahkan mana file kerja, mana file kuliah/sekolah, dan mana jenis file lainnya yang berbeda dan tentunya dengan folder yang berbeda-beda juga. Hal ini selain memudahkan kita dalam mencari file tersebut, juga dapat menemukan sumber virus yang ada di dalam PC/Laptop kita. Semisal kita baru saja mengunduh file bentuk ZIP, bisa jadi file tersebut yang mengandung virus-virus yang berbahaya. So, aturlah file di laptop/PC mu dengan sebaik mungkin.

Nah, itulah tadi ketiga cara untuk membersihkan Latop/PC kita dengan baik dan benar. Namun kalian juga perlu mencegah virus masuk ke Laptop/PC kita agar kita tak perlu repot-repot lagi membersihkannya, yuk simak apa saja kiat-kiat tersebut dibawah ini :

Kiat-Kiat Mencegah Virus Masuk ke Laptop/PC :

Jangan Sembarangan Pasang Flashdisk

Tak dapat dipungkiri menyebarnya virus layaknya sebuah penyakit menular dalam diri manusia, dan hal ini juga berlaku bagi virus yang menyebar dari laptop satu ke laptop lainnya. Hampir sekitar 60% virus masuk ke dalam laptop ini adalah karena penyebaran flashdisk yang memang didalamnya sudah terdapat virus

Jangan Sembarangan Kunjungi Situs di Internet

Menurut saya sekitar 20% lah virus menyebar melalui internet. Bagi anak perkotaan akses internet yang mudah sebenarnya cukup memberkan dampak yang positif, akan tetapi kalau tidak disikapi dengan benar, hasilnya malah negatif salah satunya bikin laptop virusan jika kita sembarangan mengunjungi situs-situs yang tidak jelas.

Jangan Sembarangan Instal Aplikasi

Hampir sama seperti situs yang tidak jelas, aplikasi bajakan dari pengembang yang tidak jelas pun juga bisa berakibat fatal, jadi mulai lah terbiasa menggunakan aplikasi original sebagai bentuk penghargaan kepada yang menciptakan yaa.

Dan demikian ulasan singkat kita mengenai Cara Membersihkan Laptop Dengan Baik dan Benar. Jangan lupa cek informasi lainnya hanya di PalingAsik.id, terima kasih 🙂

/* */