Informasi Paling Asik
Sedang memuat....10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Ampuh dan Mudah....

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Ampuh dan Mudah

Cara Menghilangkan Bau Mulut Bau mulut memang bukan termasuk penyakit parah yang mengancam jiwa, tetapi tentu saja keberadaannya membuat kita tidak nyaman. Bahkan tidak jarang banyak orang yang kehilangan kepercayaan dirinya karena masalah napas tak segar ini. Karena itu tak heran jika semua orang berbondong-bondong mencari cara mengatasi bau mulut.

Penyebab bau mulut sendiri ternyata cukup beragam, bukan hanya karena gangguan pada gusi dan gigi saja. Bau mulut yang kurang sedap mungkin saja disebabkan oleh xerostomia atau gangguan produksi air liur.

Selain itu bisa juga karena gangguan pencernaan, hati, diabetes, sinusitis, dan infeksi saluran pernapasan. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa tips yang cukup ampuh untuk membuat napas senantiasa segar, berikut di antaranya:

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Ampuh dan Mudah

Rutin Membersihkan gigi

Studi menunjukkan, sekitar 80 persen penyebab dari bau mulut adalah karena masalah kesehatan gigi dan gusi. Gigi merupakan salah satu komponen penting di dalam mulut yang harus rutin dibersihkan untuk mendapatkan napas yang segar. Dengan rajin dibersihkan, bakteri penyebab bau tak sedap dapat disingkirkan.

Selain itu pastikan juga Anda membersihkan lidah secara teratur pula. Untuk kesehatan gigi, alangkah lebih baik jika sikat gigi yang digunakan diganti setidaknya dua bulan sekali. Dan bagi Anda yang mengenakan gigi palsu, lepaskan terlebih dahulu kemudian dibersihkan hingga benar-benar bersih. Kemudian untuk memastikan kesehatan gigi dan gusi, periksakanlah ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali.

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Ampuh dan Mudah

Hari Gini Masih Bau Mulut ?

Gunakan Obat Kumur

Jika tidak puas hanya menyikat gigi sebagai cara mengatasi bau mulut, Anda bisa mencoba menggunakan obat kumur. Dengan menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi, kotoran yang tertinggal di dalam mulut pun bisa keluar.

Selain itu obat kumur juga dapat memberi aroma yang segar pada napas Anda dan menyamarkan bau mulut. Namun sebelum memilih obat kumur, perhatikan terlebih dahulu indikasi yang terkandung di dalamnya. Pastikan obat kumur yang Anda gunakan aman dan tidak menimbulkan efek samping berlebihan.

Mengunyah Permen Karet Rendah Gula

Permen karet rendah gula memang tidak seperti permen kebanyakan yang dapat membuat gigi berlubang. Permen karet rendah gula justru baik untuk kesehatan mulut karena dapat menimbulkan napas yang segar.

Mengunyah permen karet dapat membantu mengangkat kotoran yang terdapat di sela-sela gigi. Sehingga sangat baik jika setelah menyikat gigi Anda mengunyah permen karet rendah gula untuk membantu mengangkat kotoran yang tertinggal di mulut.

Mengonsumsi Buah-buahan dengan Kadar Vitamin C Tinggi

Meskipun tidak banyak yang mengetahuinya, tetapi sebenarnya mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi cukup membantu mengatasi bau mulut. Apabila dikonsumsi secara rutin, Anda bisa mendapatkan kesegaran pada napas Anda.

Hal tersebut dikarenakan vitamin C dapat menetralkan kondisi mulut serta mengikis dan menghilangkan bau mulut secara perlahan. Selain itu, aroma segar yang dikeluarkan setelah mengonsumsi buah-buahan juga dapat menyamarkan bau mulut.

Beberapa buah yang direkomendasikan adalah apel, alpukat, jambu biji, jeruk, lemon, pir, strawberry, dan wortel mentah.

Menghindari Makanan Beraroma Menyengat

Cara ini tentu saja sangat ampuh untuk menghilangkan aroma napas yang kurang sedap. Beberapa makanan berbau menyengat seperti bawang bombay, bawang putih, durian, petai, dan jengkol sebaiknya Anda kurangi.

Boleh saja mengonsumsi makanan tersebut dengan catatan tidak ketika Anda akan bertemu dengan orang banyak. Atau Anda juga bisa menggosok gigi hingga benar-benar bersih dan mulut Anda tidak bau lagi pasca memakan makanan berbau tajam.

Berhenti Merokok

Bukan rahasia lagi jika rokok merupakan kebiasaan yang kurang sehat. Merokok selain dapat mengganggu saluran pernapasan juga menimbulkan aroma napas yang tidak sedap. Nikotin yang terkandung pada rokok sangat berbahaya bahkan dapat menimbulkan bau mulut. Karena itu berusahalah untuk berhenti merokok demi terbebas dari bau mulut sehingga lebih percaya diri.

Mengurangi Konsumsi Kopi

Kopi memang selalu bisa menjadi teman yang menyenangkan dan menjadi minuman favorit banyak orang. Sayangnya aroma yang dikeluarkan dari mulut setelah mengonsumsi kopi tidak sesegar aroma kopi itu sendiri. Karena itu, jika Anda menginginkan napas yang segar, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi kopi.

Selain itu cara mengatasi bau mulut yang satu ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan gigi yang lebih putih dan bersih. Dengan demikian Anda bisa mendapat napas yang segar sekaligus senyum yang menawan.

Mengurangi atau Berhenti Mengonsumsi Alkohol

Sama seperti rokok, konsumsi alkohol juga lebih banyak menimbulkan kerugian jika dibanding dengan manfaatnya. Karena itu sebisa mungkin mulailah untuk mengurangi bahkan berhenti dari meminum minuman beralkohol.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya yang cukup ampuh agar dapat memiliki napas yang lebih segar. Bahkan dengan berhenti mengonsumsi alkohol, Anda bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar.

Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Air putih memang selalu menjadi andalan bagi semua orang, terutama yang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Bukan saja sebagai penghilang dehidrasi dan untuk memperlancar aliran darah, ar putih ternyata juga ampuh untuk mengatasi bau mulut.

Melalui konsumsi air putih, bakteri dan kotoran lain di dalam mulut dapat lebih cepat terangkat sehingga mulut selalu dalam kondisi bersih. Jika tidak ada bakteri pada mulut, maka kemungkinan memiliki napas yang segar pun lebih besar.

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Ampuh dan Mudah

Bau Mulut Bisa Dihilangkan lohh…

Mengonsumsi Green Tea

Jika Anda belum terbiasa mengonsumsi banyak air putih, Anda bisa menggunakan green tea sebagai alternatif. Karena kaya akan catechin, green tea termasuk salah satu obat mujarab untuk mengatasi masalah bau mulut.

Senyawa aktif yang terdapat pada catechin dapat membunuh bakteri yang bersarang di mulut dan menimbulkan napas kurang sedap. Dengan rutin mengonsumsi green tea dua hingga tiga kali dalam sehari, niscaya napas Anda akan kembali segar.

Konsultasi ke Dokter

Apabila Anda telah mencoba seluruh cara di atas tetapi masih gagal juga, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter atau dokter gigi. Bisa jadi bau mulut tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit yang sedang Anda derita.

Dengan berkonsultasi pada dokter, maka Anda akan mengetahui masalah apa yang sebenarnya sedang Anda alami. Dan jika penyebab utama dari bau mulut sudah diketahui, tentu lebih mudah mencari cara untuk mengatasi dan mencegahnya datang kembali.

Bau mulut memang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk itu, cobalah menerapkan cara mengatasi bau mulut yang telah kami jabarkan di atas. Dengan memiliki napas yang segar, niscaya Anda akan lebih percaya diri ketika harus berhadapan dengan orang banyak.

Dan orang lain pun akan merasa nyaman dan senang berada di dekat Anda karena tidak perlu mencium aroma kurang sedap saat Anda berbicara. Dan itulah tadi beberapa cara menghilangkan bau mulut paling ampuh ala tim PalingAsik.id, Selamat mencoba 🙂

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Ampuh dan Mudah | Muhammad Jefri | 4.5
/* */