free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....11 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Paling Mudah dan Ampuh....

11 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Paling Mudah dan Ampuh

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dicuci dan Tanpa Dicuci

Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu. Foto : Merdeka.com

11 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Paling Mudah dan Ampuh. Kebersihan tentu merupakan dambaan semua orang, karena selain kebersihan dapat memberikan kenyamanan, kebersihan juga memiliki dampak kesehatan yang cukup signifikan.

Kebersihan yang saya maksudkan disini adalah semua tentang kebersihan, tak terkecuali kebersihan pada alat-alat pribadi kamu salah satunya adalah sepatu.

Yap, di saat seperti ini siapa sih yang tidak memiliki sepatu. Alas kaki ini setidaknya di miliki oleh mereka yang sedang bekerja atau sedang menuntut ilmu baik di kalangan pelajar dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.

Hal ini karena sepatu merupakan alas kaki yang lebih formal ketimbang sandal, dan seiring dengan berkembangnya zaman, maka berbagai macam jenis sepatu pun di produksi mulai dari sepatu olahraga, sepatu kets, sepatu roda, serta beberapa jenis sepatu lainnya. (Next kita akan membahas Cara Menghilangkan Bau Sepatu Roda)

Akan tetapi dengan semakin berkembangnya produksi sepatu, permasalahan yang timbul tetap sama yakni cepat rusaknya sepatu, hingga bau pada sepatu yang cukup menyengat.

Apakah kamu tergolong orang yang memiliki bau sepatu yang sangat menyengat ? Tak usah khawatir, karena pada perjumpaan kita kali ini kita akan mengupas tuntas langkah apa saja sih dapat kita lakukan untuk membersihkan sepatu kita serta tips menghilangkan bau busuk sepatu.

Tapi, jangan mengira membersihkan sepatu dengan harus mencucinya loh. Memang sih cara menghilangkan bau pada sepatu sekolah dan cara menghilangkan bau pada sepatu kets dapat di cuci dengan mesin cuci, namun untuk sepatu jenis lainnya sangat tidak recommended.

Nah jika kamu malas dalam mencuci sepatu, tenang, karena saya juga memiliki solusi bagi kamu. Apa saja itu ? Yuk kita bahas berikut ini :

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Setidaknya ada 11 cara bagaimana kita bisa merawat kaki dan sepatu, serta cara menghilangkan bau pada kaki dan sepatu. Karena biasanya sepatu yang bau, juga akan berdampak buru pada bau kaki orang yang memakai sepatu tersebut.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dicuci dan Tanpa Dicuci

Foto : Pewangilaundry.co.id

Di rangkum dalam beberapa sumber, lalu bagaimana sih cara yang benar untuk bisa merawat sepatu seperti diatas, yuk kita ulas :

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Dicuci

Cara yang pertama sudah jelas sangat familiar bagi semua orang, cara yang juga terbilang tradisional ini memang cukup ampuh dalam menghilangkan bau pada sepatu.

Namun jika kamu memiliki mesin cuci, maka akan lebih mudah untuk mencuci sepatu jenis kets dan olahraga. Akan tetapi untuk jenis sepatu lainnya seperti pantofel jelas sangat tak di anjurkan karena dapat merusak sepatu dan mesin cuci itu sendiri.

Dalam mencuci ini jangan lupa untuk membukan semua tali sepatu (jika ada), lalu sikat dengan secara perlahan dengan waktu yang agak lama karena pada bau sepatu masih melekat pada pada rongga-rongga di dalam yang sulit untuk di jangkau oleh tangan.

Solusinya jika tak bisa menggunkan sikat sepatu yang besar, gunakanlah sikat giri karena akan lebih mudah. Oh ya, akan lebih muda juga jika kamu menggunakan sabun cair dalam mencuci sepatu karena sabun cair akan lebih cepat tercampur dengan air dan lebih dapat meresap ke rongga-rongga sepatu.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi

Pernahkah kamu berfikir bau sepatu bisa hilang dengan kopi ? Saya pun tak pernah memikirkannya sebelumnya. Akan tetapi cara ini cukup ampuh lohh untuk cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci.

Caranya cukup mudah kok, pastikan terlebih dahulu bahwa sepatu kamu benar-benar kering agar kopi tidak meresap ke pori-pori sepatu. Setelah itu, bungkus kopi secukupnya dengan tisu lalu taruh bungkusan kopi tersebut di dalam sepatu.

Waktu semalam sudah cukup ampuh untuk menetralisir bau sepatu dengan menggunakan kopi. Wah, ternyata selain enak, kopi juga memiliki manfaat lainnya ya.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan baking soda

Hhhmm, mungkin dalam fikiran kita baking soda hanya dapat di gunakan untuk membuat kue dan sejenisnya. Tapi ternyata diam-diam baking soda juga memiliki manfaat besar lainnya seperti menghilangkan bau pada sepatu.

Untuk caranya sendiri juga cukup simpel dan mudah. Kamu hanya perlu menaburkan baking soda secukupnya ke dalam sepatu kamu dan diamkan selama satu malam, pasti akan mampu menghilangkan bau pada sepatumu.

Oh iya, jangan lupa juga pastikan sepatu kamu tetap kering yaa.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dicuci dan Tanpa Dicuci

Menghilagkan bau sepatu dengan teh. Foto : Sharingdisini.com

Cara menghilangkan bau sepatu dengan teh

Nah jika tiga cara diatas masih cukup ribet bagi kamu, ada satu lagi nih cara yang jauh lebih simpel yakni menggunakan teh celup seperti gambar diatas. Caranya ?

Guampang banget kok, cukup kamu letakkan aja teh celup di sepatumu dan tunggu selama semalam dan lihat sendiri hasilnya.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan koran

Ada satu lagi nihh cara yang cukup simpel dan gak bikin ribet. Biasanya kalau membeli sepatu baru ada beberapa koran atau kertas yang diletakkan di sepatu kan ?

Ya, baru kali ini saya tahu alasannya kenapa harus memakai kertas atau koran. Ternyata koran dapat menyerap bau lohh, oleh karena itu para penjual sepatu sering melakukan hal ini selain juga karena menunjukkan ukuran sepatu yang sebenarnya.

Jika sepatumu jarang di pakai, mending pakai cara ini yaitu dengan cukup menyumpalnya dengan koran hingga penuh. Akan tetapi bagi yang setiap hari di pakai seperti sepatu sekolah mending tidak pakai cara ini karena akan cukup ribet.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan dikeringkan

Nah cara selanjutnya juga cukup simpel dan tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun. Karena kamu hanya perlu mengeringkan sepatu di terik matahari. Akan tetapi resikonya adalah saat hujan tiba dan kamu belum sempat mengambilnya maka habis sudah.

Bau pada sepatu biasanya disebabkan oleh kuman yang di hasilkan pada kaki kita. Kuman akan sangat cepat berkembang biak pada daerah yang lembab, maka dari itu, menjemur sepatu adalah pilihan yang tepat.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan pewangi

Dari tadi kita sudah membahas cara menghilangkan bau sepatu dengan teh, baking soda, dan kopi yang tentunya akan membuat sepatumu akan memiliki bau seperti tiga bahan diatas.

Nah jika kamu ingin yang berbeda semprotkan saja pewangi ke dalam sepatumu atau bisa juga menggunakan parfum laundry dan kapur barus.

Tapi pastikan terlebih dahulu bahwa sepatumu benar-benar kering sehingga kuman yang ada di dalamnya tidak cepat berkembang biak. Oleh karena itu lebih baik di jemur terlebih dahulu.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dicuci dan Tanpa Dicuci

Menghilangkan bau sepatu dengan bedak bayi. Foto : Bintang.com

Cara menghilangkan bau sepatu dengan bedak bayi

Cara ini tergolong baru dan cukup unik, karena memang pada dasarnya bedak bayi memiliki tingkat keharuman yang cukup tinggi serta dapat menetralisir kuman yang ada di sepatu itu sendiri.

Selain itu, bedak bayi yang berwarna putih dan dapat dengan mudah hilang juga dapat memudahkan kamu saat ingin memakai sepatu itu kembali tak perlu repot-repot membersihkannya.

Cara menghilangkan bau kaos kaki

Maksud saya disini adalah kamu harus melakukan pergantian kaos kaki secara rutin. Karena pada dasarnya bau sepatu itu berasal dari keringat kaki kita sehingga jika kita tak memakai kaos kaki maka akan dengan sangat mudah sepatu akan berbau.

Usahakan untuk memakai kaos kaki yang berbahan lembut dan mampu dengan mudah menyerap keringat.

Cara menghilangkan bau kaki dengan air garam

Nah, karena bau sepatu itu berasal dari kaki, maka daripada kamu rutin membersihkan sepatu kamu, mending kamu lebih rutin dalam merawat kaki kamu.

Jika kaki kamu memiliki bau yang tak sedap coba saja rendam dengan air garam untuk beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Hal ini terbukti cukup ampuh dalam membersihkan bau pada kaki.Cara menghilangkan bau kaki dan sepatu dengan merawat kaki

Hal ini tak berbeda jauh dengan cara penjelasan sebelumnya. Usahakan setelah memakai sepatu kamu mencuci bersih kaki kamu untuk menghilangkan kuman-kuman yang melekat.

Tips terakhir ini juga berlaku pada sepatu untuk rajin dibersihkan meski tak harus mencucinya.

Sekian dulu, tips dan cara menghilangkan bau sepatu ala PalingAsik.id, jangan lupa cari artikel yang kamu butuhkan disini yaa. Terima Kasih 🙂

11 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Paling Mudah dan Ampuh | Muhammad Jefri | 4.5
/* */