Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Penyebab Insomnia dan 10 Cara Menghilangkan Insomnia....

Penyebab Insomnia dan 10 Cara Menghilangkan Insomnia

Cara Menghilangkan Insomnia – Bagi anda penderita insomnia, tentunya anda membutuhkan tips atau cara-cara ampuh dalam menghilangkan insomnia. Karena gejala insomnia ini termasuk gejala yang cukup mengganggu. Namun, sebelum mengetahui cara atau tips untuk menghilangkan insomnia ada baiknya anda kenali terlebih dulu insomnia yang anda derita.

Apa Itu Insomnia?

Insomnia merupakan suatu gejala dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Hal tersebut biasanya akan diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Gangguan ini bisa bermacam-macam, dan biasanya berhubungan dengan pola makan seseorang penderita insomnia. Ada yang sering muntah, pusing atau bahkan nafsu makan menjadi berkurang.

Penyebab insomnia adalah karena adanya suatu penyakit atau karena adanya gangguan secara psikologis. Dalam hal ini tentu campur tangan seorang psikolog akan sangat diperlukan. Dapat pula dilakukan terapi psikologi yang sering disebut dengan terapi kognitif. Selama menjalani terapi kognitif, pasien akan di bantu untuk memperbaiki kebiasaan tidur malam. Serta menghilangkan suatu asumsi yang kontra terhadap aktivitas tidur.

Banyak sekali penderita insomnia yang pada akhirnya menjadi ketergantungan terhadap obat tidur. Semua obat yang sering anda gunakan untuk membantu agar anda dapat tertidur dapat menyebabkan ketergantungan secara psikologis.  Pada akhirnya anggapan bahwa anda tidak akan bisa tertidur tanpa obat-obat tersebut itu pun akan muncul pada diri anda.

Penyebab Insomnia dan 10 Cara Menghilangkan Insomnia

Kenali penyebab insomnia, agar kamu dapat mencegahnya.

Hal-Hal Yang Dapat Menyebabkan Insomnia

Insomnia ini memanglah bukan suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang diakibatkan oleh banyak hal. Beriku merupakan hal-hal yang dapat menyebabkan anda mengalami gejala insomnia :

  • Adanya gangguan secara emosional

Gangguan ini bisa berupa rasa cemas, rasa gelisah, rasa takut ataupun depresi.

  • Kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan

Kelainan fisik yang dimaksud adalah karena anda sedang mengalami rasa sakit yang menyebabkan anda susah tidur. Penyakit yang dimaksud seperti kelainan pada otak, stroke, atau penyakit alzheimer. Serta pemakaian obat-obatan seperti mengkonsumsi alcohol juga dapat menyebabkan gejala insomnia ini timbul.

  • Kadang juga seseorang mengalami sulit tidur, hanya karena badan serta otaknya tidak merasa lelah.
  • Kesulitan tidur juga bisa dipengaruhi oleh faktor usia. Dimana semakin dewasanya seseorang semakin banyak hal mereka pikirkan sehingga semakin kesulitan untuk tidur.
  • Sering bekerja pada malam hari atau sampai larut malam, biasanya bagi anda yang sering bekerja dalam shift. Anda akan mengalami jam tidur yang sering terbolak-balik. Anda tertidur saat semua orang bangun, dan justru terbangun saat waktunya untuk tidur.

Terkadang, gejala insomnia ini tidak anda sadari ada dalam diri anda. Karena anda merasa anda tidur pada jam yang seharusnya, meskipun akhirnya anda sering terbangun dimalam hari dan mengalami susah tidur. Anda merasa bahwa itu hal biasa, namun ini termasuk dalam gejala insomnia.

Bagaimana Cara Menghilangkan Insomnia Yang Anda Derita ?

Janganlah meminum alcohol sebelum tidur

Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan meminum alcohol maka akan merasakan rasa kantuk dengan cepat. Memang benar akan cepat merasa kantuk, namun  tidak dengan mendapatkan tidur yang pulas. Terlalu banyak mrngkonsumsi alcohol dapat membuat anda berhalusinasi, sehingga tidur akan terganggu.

Untuk itulah maka jauhilah wine atau alcohol beberapa jam sebelum tidur. Alcohol juga dapat membuat anda ketergantungan. Dengan mengkonsumsi alcohol maka akan memperburuk kondisi susah tidur anda.

Hindari kafein setelah pukul 2 siang

Anda pasti sudah tahu mengenai efek kafein, meminum kafein dapat menyebabkan anda menjadi susah tidur. Kafein tidak hanya terkandung pada kopi saja, namun biasanya terkandung dalam minuman soda juga. Membutuhkan waktu beberapa jam untuk membuat kandungan kafein hilang. Untuk itulah hindari meminum kafein setelah pukul 14.00.

Hindarilah kondisi stress dimalam hari

Hal ini jauh lebih mudah untuk diucapkan dari pada di lakukan. Mulai saat ini luangkanlah waktumu untuk mengurangi stress. Hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress adalah pergi tidur dalam keadaan tenang. Bisa juga dengarkan music yang dapat membuat anda merasa lebih tenang.

Konsumsi buah pisang

Buah pisang mengandung banyak kalium. Kandungan kalium pada buah pisang dapat membantu pikiran anda menjadi  lebih rileks. Sehingga anda akan dapat tertidur dalam keadaan yang lebih tenang dan nyenyak.

Buatlah suasana kamar anda menjadi lebih nyaman

Keadaan kamar anda sangatlah berpengaruh terhadap kualitas tidur yang akan anda dapatkan. Kamar yang berantakan tentunya akan membuat kenyamanan anda dalam beristirahat menjadi terganggu. Namun, berbeda halnya mungkin bagi seorang laki-laki yang sudah terbiasa dengan kondisi kamar yang berantakan.

Bila akhir-akhir ini anda mungkin mengalami keadaan susah tidur. Maka mungkin anda perlu lebih merapikan kamar anda. Kondisi kamar yang lebih rapi tentu akan membuat kualitas tidur anda lebih baik.

Hindari cahaya pada saat tidur

Bila saat ini anda terbiasa tidur dengan kondisi lampu dinyalakan. Cobalah mulai saat ini tidur tanpa cahaya. Karena radiasi dari cahaya dapat mengganggu kenyenyakan tidur anda. Dengan kondisi lampu dimatikan, selain bagus untuk kulit anda. Kondisi lampu mati saat tertidur juga akan membuat pikiran anda lebih rileks. Dan terbangun dalam keadaan lebih segar.

Penyebab Insomnia dan 10 Cara Menghilangkan Insomnia

Insomnia berdampak buruk pada kesehatan dan pekerjaan.

Perbanyak minum air putih dan susu

Kondisi tubuh saat dehidrasi, dapat menyebabkan tidur anda tidak nyenyak. Untuk itulah anda wajib mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Terpenuhinya kebutuhan air putih pada tubuh, akan membuat tubuh anda lebih bugar. Sehingga tidurpun terasa lebih nyenyak dan nyaman.

Jangan lupa mencuci kaki dan muka anda

Mungkin hal ini cukup sepele. Namun pernahkah anda mencoba mencuci kaki dan muka dengan air hangat sebelum tidur? Jika belum pernah, cobalah untuk membiasakan mencuci kaki dan muka sebelum tidur. Hal tersebut mampu memberikan sensasi rasa rileks, sehingga tidur anda lebih nyenyak.

Olah raga secara teratur

Dengan berolah raga secara teratur, maka syaraf-syaraf anda akan merasa lebih kendur. Kondisi ini bagus untuk merangsang rasa kantuk dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Berolahraga juga mampu membuat tubuh anda lebih sehat. Maka mulai saat ini, cobalah meluangkan waktu selama 30 menit untuk berolah raga.

Jangan lupa jaga sholat anda

Bagi anda yang beraga islam hal ini harus dianggap penting untuk membantu anda lebih tenang sebelum tidur. Gerakan-gerakan dalam sholat isya’ ternyata juga mampu memperlancar aliran darah ke syaraf pusat. sehingga pikiran membuat anda lebih rileks dan tenang.

Jangan lupa, saat anda mungkin terbangun ditengah malam. Sempatkan untuk sholat malam, selain anda akan mendapatkan pahala, anda juga akan mendapatkan tidur nyenyak sampai subuh lo.

Bagaimana ? Terasa mudah bukan mengatasi gejala insomnia anda ? Anda tidak perlu risau lagi. Karena jika anda dapat melakukan beberapa tips cara menghilangkan insomnia seperti diatas. Maka tidur nyenyak bukan lagi suatu khayalan bagi anda. Sangatlah tidak disarankan mengkonsumsi obat-obatan untuk membantu anda tertidur dengan nyenyak. Meskipun hasilnya luar biasa, namun hal tersebut tidak baik efeknya untuk kesehatan dalam jangka panjang.

 

Penyebab Insomnia dan 10 Cara Menghilangkan Insomnia | Muhammad Jefri | 4.5
/* */