Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Cara Menghilangkan Karang Gigi Cepat Secara Alami....

Cara Menghilangkan Karang Gigi Cepat Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi – Kesehatan mulut sangat penting untuk menunjang penampilan sesorang yang mungkin termasuk Anda. Namun, bila karang sudah mulai bermunculan pada gigi, tentu hal ini menjadi kisah buruk bagi Anda yang fashionable.

Bisa dibayangkan bila berpapasan atau bahkan meeting dengan klien kemudian bau busuk dari mulut tercium oleh orang lain. Ini bisa jadi masalah yang cukup serius. Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan karang gigi menempel lekat dan awet pada gigi? Bagaimana cara menghilangkannya dengan cepat dan aman ?

Berikut ulasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan karang gigi untuk Anda.

Penyebab Karang Gigi

Pastikan terlebih dahulu Anda merupakan orang yang rajin menggosok gigi setiap kali habis makan. Bila sedikit saja lengah atau malas membersihkan gigi baik sesudah makan maupun sebelum tidur di malam hari, karang akan muncul.

Sehingga, sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi akan berkompromi dengan kuman-kuman dalam mulut. Lalu, terbentuklah plak gigi yang bisa menjadi tebal dan mengeras.

Selain itu, makanan yang mengandung gula dan terbuat dari tepung juga memicu munculnya plak gigi. Ditambah lagi bila Anda suka mengkonsumsi teh, kopi, dan juga rokok. Mereka akan senang membentuk plak gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Cepat Secara Alami

Menghilangkan Karang Gigi Dengan Buah dan Sayur

Cara menghilangkan karang gigi yang mudah dan tidak membutuhkan biaya banyak yaitu cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Bukan sembarang buah dan sayur, namun buah yang mengandung vitamin C. Kenapa? Ternyata kandungan vitamin C yang cukup asam ini mampu menumpas  karang gigi secara alami, cepat, dan aman.

Contohnya, buah apel, jeruk, strawberry, tomate, dan lainnya yang mengandung vitamin C. Namun, buah melon juga bisa digunakan untuk menghilangkan plak gigi. Cukup konsumsi buah-buahan tersebut secara rutin bahkan bisa dijadikan sebagai pencuci mulut sehabis makan.

Kulit jeruk pun bisa menjadi cara alternatif lain menghilangkan karang gigi dengan cara menggosokkan langsung pada permukaan gigi. Lakukan kebiasaan ini secara teratur sebelum tidur tanpa dibilas. Kandungan dalam kulit jeruk mampu melawan bakteri jahat pada gigi.

 

Anda bisa membuat pasta sendiri menggunakan buah strawberry dan tomat cukup dengan campurkan baking soda. Gosokkan pada permukaan gigi yang berkarang selama 5 menit lalu berkumur. Bisa Anda ganti strawberry dengan berry,paprika, lemon, pepaya, dan jambu biji. Untuk sayuran, wortel dan seledri sangat disarankan untuk Anda. Ambil snack time 1 jam sehabis makan dengan mengunyah wortel dan seledri.

Baca Juga : 12 Cara Membersihkan Gigi Kuning Secara Alami dan Paling Ampuh

Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Makanan

Selain mengkonsumsi buah dan sayur, bisa juga memanfaatkan bahan-bahan makanan seperti keju, baking soda, pewarna makanan, minyak kelapa, dan cengkeh. Untuk menggunakan bahan-bahan tersebut, Anda cukup membuatnya menjadi sebuah pasta atau obat kumur.

Sehingga, Anda memerlukan peralatan sederhana seperti cangkir berisi air dan juga sendok makan atau teh. Dari semua bahan tadi tidak dicampurkan semua, namun justru masing-masing bahan memiliki cara tersendiri. Berikut ini cara membuat ramuan pasta penghilang karang gigi.

Keju

Bagi Anda penggemar keju terutama jenis Swiss dan Cheddar, kabar baik untuk Anda. Ternyata mengkonsumsi salah satu jenis keju tersebut sebelum makan bisa menetralkan asam. Nah, asam tersebutlah yang menyebabkan munculnya karang pada gigi.

Semakin tua umur keju, semakin baik pula khasiatnya. Namun, bila keju ini terbilang mahal, maka perlu Anda ikuti saran siswa dari Universitas Chicago. Konsumsilah kacang mentah karena ini dapat menetralkan asam yang sama.

Baking Soda

Untuk menggunakan baking soda, sebaiknya jangan langsung diaplikasikan ke gigi dalam kondisi soda kering. Hal ini justru merusak enamel pada gigi Anda. Cukup dibuat pasta baking soda ditambah dengan jeruk nipis atau garam kemudian sedikit air lalu aduk hingga menjadi pasta.

Kemudian oleskan pada gigi seperti gosok gigi biasa. Lain halnya untuk membuat mouth wash dengan baking soda. Caranya campurkan 1,5 cangkir baking soda dengan 1 cangkir air. Kemudian 10 tetes minyak esensial lemon, 4 sdt gliserin alami dari sayuran atau tumbuhan, dan 1 sdt gel lidah buaya.  Campurkan semua bahan tersebut hingga menyatu dan gunakan 1-2 kali sehari untuk berkumur.

Pewarna Makanan

Untuk mendeteksi keberadaan karang pada gigi, gunakan pewarna makanan. Caranya cukup sederhana, bubuhkan sedikit petroleum jelly ke bibir terlebih dahulu. Ini untuk mencegah bibir Anda ternoda oleh pewarna makanan. Kemudian, teteskan sedikit pewarna makanan dalam 1 sdt air.

Campurkan kedua bahan tersebut hingga benar-benar mix lalu kulum sejenak hingga 1 menit jangan sampai tertelan ludah. Setelah itu, ludahkan pewarna yang ada di dalam mulut lalu bilas dengan air hingga bersih. Nah, amati yang berwarna karena itu tanda masih adanya plak gigi. Gosoklah area tersebut hingga bersih.

Minyak Kelapa

Siapkan 1 sdm minyak kelapa murni dan kulum kurang lebih 15-20 menit. Lalu, ludahkan dan gosoklah gigi Anda seperti menggosok gigi biasa. Ulangi cara ini setiap hari di saat pagi sebelum sarapan. Ada cara lain dalam memanfaatkan minyak kelapa.

Bila Anda tidak sempat untuk membeli minyak kelapa murni, cukup Anda bakar terlebih dahulu kelapa. Sehingga, akan keluar minyak-minyak pada dinding daging kelapa. Tunggu hingga minyak berubah menjadi dingin, kemudian oleskan menggunakan jari yang bersih pada permukaan gigi berkarang.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Cepat Secara Alami

Cengkeh dan Aloe Vera

Bila anda sakit gigi, cengkehlah pertolongan pertama. Ternyata tak hanya untuk menghilangkan rasa sakit gigi, cengkeh juga dapat menghilangkan karang gigi dengan cepat dan mudah. Manfaat dari cengkeh itu sendiri adalah melawan mikroba yang menyebabkan munculnya plak gigi dan bau mulut.

Caranya, campurkan 1 sdt bubuk cengkeh bersama dengan minyak zaitun. Lalu, gosokan pada karang gigi Anda kemudian diamkan beberapa menit dan berkumurlah dengan air hangat. Sedangkan untuk menggunakan aloe vera, cukup gosokkan potongan lidah buaya pada gigi. diamkan 10 menit dan bilas menggunakan air dingin. Lakukan teknik di atas 2 kali sehari.

Hidrogen Peroksida dan Arang Aktif Untuk Karang Gigi

Selain bahan-bahan yang disebutkan di atas, masih ada dua bahan lainnya yang cukup efektif secara alami menghilangkan karang gigi. Hidrogen peroksida dan arang aktif sangat jarang dimanfaatkan oleh banyak orang. Namun, ternyata kedua bahan tersebut justru efektif membersihkan plak-plak pada gigi.

Untuk hidrogen peroksida, caranya cukup sediakan 1 sdm antiseptic mouthwash dan 3 sdm hidrogen peroksida (3%) kemudian campurkan hingga rata. Lalu gunakan larutan tersebut sebanyak 10ml untuk berkumur kurang lebih 1 menit.

Biarkan terlebih dahulu karang gigi hingga melunak dan akhirnya dibersihkan oleh larutan tersebut. Lakukan cara ini setiap selesai makan atau 1 kali dalam sehari. Arang digunakan oleh masyarakat di zaman dahulu untuk membersihkan gigi sebelumadanya pasta gigi. Karbon aktif yang adadi dalam arang sangat ampuh untuk merontokkan karang gigi Anda.

Caranya, campurkan 1/3 cangkir bubuk arang dan 2/3 cangkir minyak kelapa mentah asli. Kemudian tambah pula dengan beberapa tetes minyak esensial peppermint. Gunakanlah untuk menyikat gigi.

Dan itulah tadi beberapa cara menghilangkan karang gigi paling mudah dan ampuh serta umum digunakan oleh banyak orang. Silahkan dicoba dirumah dan patuhi tata cara penyembuhannya yaa. Cek juga berbagai macam cara-cara lainnya hanya di PalingAsik.id, terima kasih 🙂

Cara Menghilangkan Karang Gigi Cepat Secara Alami | Muhammad Jefri | 4.5
/* */