free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Penyebab dan 8 Cara Menghilangkan Plak Gigi Paling Mudah....

Penyebab dan 8 Cara Menghilangkan Plak Gigi Paling Mudah

PalingAsik.id Sering sekali anda merasa pusing mengenai bagaimana cara menghilangkan plak gigi. Tentunya anda sudah tidak merasa asing jika mendengar kata “plak”. Plak pada gigi adalah suatu masalah yang timbul pada gigi akibat penumpukan kotoran pada permukaan gigi. Biasanya plak pada gigi terjadi di bagian aktif gigi atau gigi bagian belakang. Terjadinya penumpukan kotoran pada bagian dasar gigi biasanya menimbulkan suatu masalah yang disebut plak gigi.

Plak pada gigi dapat menimbulkan beberapa permasalahan. Diantaranya, gigi menjadi rapuh dan mudah berlubang. Jika plak sudah banyak menumpuk tentu juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada mulut. Untuk itulah diperlukan pembersihan gigi secara rutin, agar tidak terjadi penumpukan plak pada gigi.

Dan berikut ini tim PalingAsik.id akan memberikan informasi seputa penyebab dan bagaimana sih cara-cara yang tepat dalam menghilangkan plak pada gigi yang membandel, yukk simak dibawah ini :

Penyebab Plak Pada Gigi

Sebelum mengetahui bagaimana tips-tips menghilang plak pada gigi. Maka ada baiknya anda ketahui hal-hal yang dapat menyebabkan plak pada gigi terjadi.

  • Munculnya plak pada gigi diakibatkan keadaan mulut anda yang tidak sehat
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula dan tepung
  • Tidak rajin menggosok gigi setelah makan atau sebelum tidur. Sehingga sisa-sisa makanan masih menempel pada gigi, dan menyebabkan plak pada gigi terjadi
  • Menyikat gigi dengan cara yang salah

Sangat penting bagi anda mengetahui cara menyikat gigi dengan tepat. Karena seseorang yang sering menyikat gigi dengan cara yang salah tidak menjamin akan terhindar dari plak gigi. Pelajarilah bagaimana cara menjaga kebersihan mulut dan cara menyikat gigi dengan tepat.

Penyebab dan 8 Cara Menghilangkan Plak Gigi Paling Mudah

Kenali Penyebab, Perawatan, dan Cara Menghilangkan Plak Gigi Sejak Dini

Cara Merawat Gigi Agar Terhindar Dari Plak Gigi

Salah satu cara yang wajib anda lakukan untuk menjaga kebersihan mulut adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Minimal dua kali dalam sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Namun, anda pasti pernah merasa malas melakukannya, maka brikut adalah tips agar anda rajin merawat kebersihan mulut :

  • Jadikanlah aktivitas menggosok gigi sebagai suatu rutinitas anda. Bila perlu pasanglah alarm pada pponsel anda sebagai pengingat jika saatnya menggosok gigi.
  • Jangan terlalu keras saat menggosok gigi, dan jangan terlalu terburu-buru. Setidaknya beri jeda waktu selama 30 detik untuk menyikat setiap deretan gigi.
  • Gunakanlah pasta gigi khusus, pastikan terdapat kandungan fluroid atau tartar control pada pasta gigi yang anda gunakan.
  • Teknik menggosok gigi yang benar adalah dengan memegang gagang sikat pada sudut 45 derajat dari posisi gusi anda. Sikatlah dengan gerakan melingkar pada bagian sisi dalam dan luar gigi. Lakukan berulang kali sampai anda yakin sudah benar-benar bersih.
  • Sikat juga bagian lidah anda dan sisi dalam pipi. Gunakanlah bagian punggung sikat gigi untuk menggosoknya. Pakailah sikat gigi yang dilengkapi dengan penggosok lidah dan pipi dalam pada bagian punggung sikat.
  • Berkumurlah kuat-kuat setelah selesai menyikat gigi. Penggunaan obat kumur antiseptic akan lebih menunjang kebersihan gigi. Dan dapat membantu mulut anda terasa lebih segar dan nafas tidak mau.

Memiliki gigi dan gusi yang tidak sehat dapat berimbas pada munculnya penyakit lain pada tubuh. Salah satunya adalah masalah pada sistem pencernaan anda. Anda juga dapat terserang penyakit yang lebih serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

Cara Paling Mudah dan Ampuh Menghilangkan Plak Gigi

Menggosok gigi

Mungkin terlihat sepele, namun mulai saat ini biasakan menggosok gigi secara teratur. Terutama menggosok gigi sebelum tidur dan setelah makan. Selain mengurangi resiko terkena plak gigi.  Menggosok gigi secara teratur setiap hari juga dapat membuat mulut anda sehat dan gigi tetap putih. Anda juga bisa terhindar dari sakit gigi karena gigi anda bersih terjaga.

Menggunakan pasta gigi khusus

Jenis pasta gigi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi plak pada gigi juga merupakan pasta gigi khusus penghilang plak. Yaitu jenis pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Karena kandungan zat tersebut terbukti ampuh mampu menghilangkan plak pada gigi. Pasta gigi ini dapat anda dapatkan di supermarket terdekat, baca dulu kandungan pasta gigi sebelum memakainya. Pastikan fluroid atau tartar control ada dalam pasta gigi tersebut.

Flossing

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan kata flossing. Lalu apa itu flossing? Flossing merupakan suatu teknik pembersihan sela-sela gigi dengan menggunakan benang atau dental floss. Meskipun ada sebagian yang telah banyak mengetahui teknik ini, namun masih sangat jarang yang menerapkannya. Teknik flossing terkadang dianggap sebagai hal yang tak perlu dan buang-buang waktu.

Mengkonsumsi buah apel

Dengan mengkonsumsi buah apel, anda tidak perlu merasa repot untuk membersihkan karang gigi atau plak gigi. Buah apel memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dan salah satu manfaatnya adalah dapat menghilangkan plak pada gigi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah apel, terbukti dapat menghilangkan plak pada gigi. Untuk itulah jika anda ingin memiliki gigi sehat, putih berseri, makanlah buah apel secara rutin setiap hari.

Mengkonsumsi buah melon

Buah melon merupakan buah yang kaya akan serat. Selain bagus untuk sistem pencernaan, ternyata buah melon dapat menjaga kebersihan mulut anda. Dengan mengkonsumsi buah melon rutin setiap hari, maka produksi air liur pada mulut akan meningkat. Hal tersebut dapat menjaga agar mulut tetap bersih.

Minum air putih

Meminum air putih yang cukup adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan plak pada gigi. Selain air putih menyehatkan, dapat melancarkan pencernaan dan memperbaiki sistem metabolism tubuh. Air putih juga dapat menghilangkan plak dengan cara berkumur-kumur dengan air putih. Konsumsilah air putih secara cukup, minimal 8 gelas air putih dalam sehari.

Penyebab dan 8 Cara Menghilangkan Plak Gigi Paling Mudah

Yukk Rawat Gigi Kita

Kurangi konsumsi gula dan tepung

Plak pada gigi dapat anda kurangi dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung. Makanan yang paling cepat menyebabkan karang gigi adala makanan dengan kandungan gula dan tepung yang tinggi. Apalagi jika anda sering merasa malas untuk membersihkan gigi setelah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Maka plak akan cepat sekali terbentuk dan dapat terjadi penumpukan plak pada gigi.

Periksa gigi

Periksakanlah gigi anda pada dokter gigi secara teratur. Minimal 6 bulan sekali anda harus rajin mengunjungi dokter gigi anda untuk memeriksakan gigi. Dokter juga dapat membantu anda untuk menghilangkan plak pada gigi dengan peralan-peralatan khususnya.

Namun, jarang sekali orang memeriksakan giginya pada dokter saat dia rasa giginya dalam keadaan baik. Padahal tersebut sangatlah penting, bagaimana anda bisa tahu bahwa gigi anda sehat jika tidak diperiksakan pada dokter.

Nah, tips-tips ala tim PalingAsik.id diatas dapat anda terapkan jika anda saat ini tengah mengalami plak pada gigi. Jika plak pada gigi anda sudah parah dan banyak penumpukan, maka tidak ada salahnya anda meminta dokter gigi untuk membersihkannya.

Hal tersebut akan lebih efektif, cara menghilangkan plak diatas adalah tips sederhana untuk menjaga dan mengurangi plak yang ada pada gigi. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, lakukanlah tips diatas secara teratur dan jangan malas.

/* */