free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Paling Mudah dan Ampuh....

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Paling Mudah dan Ampuh

PalingAsik.id Sebagai manusia pada umumnya, dirasa sangatlah perlu mengetahui cara menghilangkan rasa malas. Karena sebagian besar orang pasti pernah mengalami rasa malas. Malas merupakan suatu perasaan dimana seseorang enggan untuk melakukan suatu kegiatan atau aktivitas. Rasa malas terkadang datang tanpa alasan, tiba-tiba datang tanpa kenal waktu. Dan  penyebab rasa malas ini muncul karena banyak faktor.

Biasanya rasa malas didukung karena suasana yang dirasa membosankan. Suasana yang terlalu membuat nyaman, dan suasana saat hati merasa galau. Rasa malas muncul dan menjadikan segala macam kegiatan menjadi terasa berat untuk dilakukan

Faktor Penyebab Rasa Malas Muncul

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan rasa malas. Ada baiknya anda kenali terlebih dahulu faktor-faktor penyebab rasa malas anda muncul. Bebera faktor tersebut antara lain adalah

  • Tidak adanya tujuan yang jelas

Hal ini terkait dengan developmental proses. Dimana seseorang dengan tujuan hidup yang tidak jelas maka akan berpeluang memunculkan rasa malas. Hal ini bisa berlaku untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Secara teori, seseorang yang memiliki visi dan misi yang jelas dalam hidupnya maka akan lebih bersemangat meraihnya. Dengan adanya goal dalam hidup seseorang yang ingin diraihnya, maka akan semakin banyak kegiatan yang dilakukan untuk mencapai goal tersebut.

Berbeda halnya dengan seseorang yang tidak memiliki goal dalam hidup. Tentunya rasa malas ini akan sangat mudah hinggap, akibat tidak jelasnya kegiatan yang dilakukan. Semakin banyak waktu terbuang untuk melakukan aktivitas tanpa tujuan yang jelas. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai bagian dari kemalasan.

  • Motivasi hidup yang kurang jelas

Akibat adanya kata-kata motivasi dalam hidup yang tidak jelas. Misalnya “lebih baik bekerja apa adanya dari pada tidak sama sekali”, “untuk apa sekolah tinggi-tinggi, sarjana saja masih banyak yang pengangguran”, “ boro-boro nyari rezeki yang halal, yang haram saja masih sulit didapatkan”.

Kata-kata tersebut bisa bersumber dari banyak hal, misalnya melalui media social atau sekedar ucapan dari kawan. Dengan adanya kata-kata motivasi yang tidak jelas, tentunya mendorong seseorang untuk bersantai-santai. Tidak bersemangat dalam menjalani kehidupannya. Dan kekurangan motivasi positif dalam hidupnya. Hal tersebut tentunya memicu terjadinya rasa malas pada seseorang.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Paling Mudah dan Ampuh

Jangan Biarkan Rasa Malas Menyerangmu !

  • Selalu berpikiran negative

Pikiran atau perasaan negative memang pasti pernah hinggap dalam diri setiap orang. Yang membedakan hanya kadarnya saja dan bagaimana cara masing-masing orang menyikapinya. Saat anda membiarkan pikiran – pikiran negative terus hinggap dalam waktu yang lama.

Maka menyebabkan munculnya suatu kesimpulan yang negative pula. Misalnya kesimpulan – kesimpulan seperti saya tidak bisa, saya minder, saya lemah, saya salah, dan lain sebagainya. Kesimpulan seperti ini memang terkadang dianggap hal yang lumrah.

Namun, taukah anda bahwa semakin banyak anda membiarkan otak dan hati berpikir dan merasakan hal negative. Maka akan semakin sedikit pula peluang anda untuk mendapatkan energy yang positif. Oleh karena itu dalam ilmu agama maupun ilmu pengetahuan, kita selalu diajarkan untuk senantiasa bersyukur.

Bersyukur, membuat seseorang dapat mengoptimalkan apa yang dia miliki untuk mencapai suatu tujuan. Dengan rasa syukur maka anda akan lebih menghargai apa yang telah anda lakukan. Dan secara tidak disadari hal tersebut memicu anda untuk melakukan yang lebih baik lebih baik, dan lebih baik lagi.

  • Kurang pintar mengatur ledakan – ledakan emosi

Merasa marah, takut, malu, tidak puas dan seterusnya adalah suatu bentuk dari ledakan emosi. Hal tersebut dapat mengusir rasa malas dan juga dapat menambah rasa malas. Misalnya rasa malu menjadi seseorang pengangguran akan mendorong seseorang untuk melakukan lebih banyak aktivitas.

Takut dimarahi guru saat tidak mengerjakan PR akan mendorong seseorang untuk menyelesaikan PRnya. Suatu ledakan emosi bila digunakan secara positif, akan menimbulkan aktivitas yang positif. Namun, bila digunakan secara negative, maka akan menimbulkan aktivitas yang negative seperti kemalasan.

Baca Juga : 11 Cara Menghilangkan Stress Paling Ampuh

Mengusir Malas dengan Mudah

Setelah anda ketahui faktor-faktor penyebab kemalasan, tentunya mulai saat ini anda harus lebih bergairah. Usir rasa malas dari diri anda, lakukanlah kegiatan-kegiatan positif yang mampu menekan rasa malas. Namun bila rasa malas sudah terlanjur muncul, bagaimanakah kira-kira cara menghilangkan rasa malas tersebut? Nah, berikut adalah tips mengatasi rasa malas dengan mudah

Yang anda perlukan hanyalah membangun pondasi personal. Pondasi personal merupakan suatu kaidah atau acuan yang kita bangun sendiri dalam diri, sebagai landasan untuk melangkah. Mengapa pondasi personal ini dianggap penting? Karena pada dasarnya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Bahwa rasa malas muncul karena banyak faktor, yang semuanya berujung pada diri masing-masing dalam menyikapinya. Untuk itulah perlu adanya pondasi personal agar seseorang tidak mudah goyah sehingga rasa malas dapat ditekan.

Berikut adalah hal-hal yang dianggap penting dalam membangun pondasi personal seseorang,

  • Menjaga stabilitas

Dalam kehidupan ini semua hal yang anda lakukan haruslah stabil. Layaknya anda menaiki sebuah sepeda, maka anda membutuhkan kestabilan untuk menjaganya agar tidak terjatuh. Seperti kehidupan, saat anda menjalaninya harus stabil antara kenyataan dengan tujuannya.

Misalnya anda sebagai pelajar, maka buatlah sasaran hidup yang cocok dengan posisi anda sebagai pelajar. Hal tersebut akan mendorong anda untuk lebih semangat meraih sasaran yang anda buat.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Paling Mudah dan Ampuh

  • Perlu meluruskan langkah

Menjalani kehidupan itu sama halnya seperti mengendarai sebuah kapal. Banyak sekali rintangan, badai, ombak dan bahkan kehabisan bahan bakar ditengah perjalanan. Semua hal tersebut akan membuat anda terkadang malas untuk bangkit.

Padahal inilah yang harus di bangun dalam diri seseorang. Meluruskan langkah yang keliru, meluruskan lagi niat yang sempat tertunda. Walaupun akan banyak sekali godaan di depan anda, namun jika niat dan tekad anda sudah anda luruskan. Maka hal tersebut akan membuat anda bisa menekan rasa malas dalam diri anda.

  • Belajar, belajar dan terus belajar

Jika anda di minta untuk menilai diri anda, dengan rentan skor antara 1-10 kira-kira berapa anda nilai diri anda? Jika saya diberi pertanyaan yang sama, maka saya akan jawab 9. Mengapa ? Karena 10 hanyalah milik sang pencipta, 9 adalah angka yang ideal untuk menilai diri.

Karena 1 skor kekurangannya adalah belajar, belajar dan belajar. Dalam menjalani kehidupan, anda di tuntut untuk tidak bosan dalam proses pembelajaran. Untuk dapat terus belajar, syaratnya adalah diri anda harus dinamis. Dinamis artinya, benar-benar harus ada sesuatu yang anda perjuangkan. Rasanya akan sulit untuk terus belajar, saat kehidupan kita statis atau diam.

Lakukan kegiatan-kegiatan yang positif, berkumpul dengan teman-teman yang aktif. Suatu perkumpulan yang aktif, akan mendorong suasana menjadi produktif. Hal tersebut bagus untuk membantu anda memiliki keinginan untuk bersaing. Dan tidak ada waktu lagi untuk bermalas-malasan.

Demikianlah kira-kira mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk membangun pondasi personal. Inti dari cara menghilangkan rasa malas dalam diri anda adalah dengan tidak membiarkan diri anda diam. Simak berbagai macam informasi menarik lainnya hanya di PalingAsik.id, terima kasih gaess 🙂

/* */