free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....11 Cara Menghilangkan Stress Paling Ampuh....

11 Cara Menghilangkan Stress Paling Ampuh

 

11 Cara Menghilangkan Stress Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Stress Stress merupakan suatu kondisi yang tidak menyenangkan bahkan membebani manusia. Stress bisa datang dari mana saja, termasuk dari kebiasaan sehari-hari. Banyak orang yang tidak mampu mengatasi stress, dan saking stressnya banyak orang yang kebingungan bagaimana cara menghilangkan stress itu sendiri. Umumnya stress dialami oleh orang tua.

Setiap orang tentunya pernah mengalami stress. Sebenarnya, stress itu bergantung pada pembawaan dan pola pikir dari diri kita sendiri. Misalnya, ada dua orang mengalami masalah yang sama persis. Orang pertama tidak terlalu mempermasalahkan masalah tersebut dan membawa enteng hal tersebut, namun ada juga orang yang terlalu mempermasalahkan hal itu hingga ia selalu memikirkan hal tersebut, dan akhirnya ia pun stress.

            Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi stress diantaranya:

  1. Hormon, seperti adrenalin, kortisol, dan norepinephrine
  2. Kerja yang berlebihan
  3. Faktor ekonomi
  4. Kurang liburan
  5. Terlalu perfeksionis
  6. Hubungan pribadi
  7. Hubungan keluarga yang tidak harmonis
  8. Gangguan mental
  9. Kurangnya minat
  10. Ketidak puasan kerja

Berikut sebelas cara menghilangkan stress yang mudah dilakukan:

  1. Melakukan Hobi

Setiap orang pasti mempunyai hobi atau hal yang disukai. Biasanya setiap orang memiliki hobi yang bermacam macam. Ada orang yang hobi membaca, menulis, menonton film, menggambar, mengoleksi hewan hewan peliharaan baik itu hewan yang lucu sperti kucing dan kelinci, maupun hewan-hewan eksotis seperti ular dan buaya.

Hobi memang perlu dilakukan agar orang tidak merasa jenuh. Orang yang jenuh lebih rentan mengalami stress. Namun jika telah jenuh pada hobi anda sendiri, sebaiknya hobi baru perlu dilakukan. Mencoba hobi baru merupakan salah satu cara menghilangkan stress yang ampuh.

11 Cara Menghilangkan Stress Paling Ampuh

  1. Olahraga

Olahraga merupakan suatu aktifitas fisik yang dapat dilakukan bagi setiap orang. Ketika anda melakukan olahraga, ada hormon yang dihasilkan yang dapat membuat anda lebih bahagia dan menghilangkan stress seperti hormon endorfin.

  1. Sinar matahari

Sinar matahari tentu diperlukan oleh setiap makhluk hidup, terutama makhluk hidup yang bergerak secara aktif seperti manusia dan binatang. Orang yang terpapar sinar matahari lebih banyak akan merasa bahagia dibandingkan dengan orang yang jarang terpapar sinar matahari. Akan lebih terasa jika orang tersebut melakukan olahraga di pagi atau sore hari.

  1. Melakukan pemijatan

Pijatan relaksasi yang disediakan di beberapa tempat relaksasi merupakan salah satu cara menghilangkan stress yang banyak dilakukan oleh orang. Pijatan-pijatan yang dilakukan umumnya dilakukan pada daerah kepala seperti dahi, daerah temporal, daeral parietal, dan daerah kepala lainnya. Pemijatan seperti ini akan membuat peredaran darah manjadi lebih lancar.

  1. Mandi

Siapa sangka, mandi juga ternyata dapat menghilangkan stress. Secara tidak disadari, sebenarnya mandi merupakan cara menghilangkan stress yang paling sederhana dan merupakan salah satu rutinitas harian setiap orang. Orang yang mandi akan merasa lebih segar dan tentunya dapat membuat pikiran lebih tenang. Terlebih lagi jika mandi atau berrendam dengan air hangat.

  1. Berteriak

Ketika orang memiliki beban pikiran, orang tersebut berarti sedang memendam sesuatu yang tidak ia sukai. Ketika seseorang berteriak, orang tersebut akan merasa lebih lega dan leluasa walaupun perbedaannya mungkin hanya sedikit. Namun sebaiknya berteriak pun harus dilakukan di tempat yang sepi agar orang di sekitar anda tidak terkejut.

  1. Rekreasi atau berlibur

Setiap orang memiliki kebiasaan yang beda beda. Ada orang yang menyempatkan waktu untuk berlibur, dan ada juga yang tidak. Orang yang memiliki kebiasaan untuk menyempatkan waktu untuk berlibur cenderung memiliki tingkat stress yang rendah dibandingkan dengan orang yang selalu mengurung diri di ruang tertutup.

11 Cara Menghilangkan Stress Paling Ampuh

  1. Makan

Makan merupakan suatu kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua manusia. Karena makanan tersebut akan dicerna oleh tubuh kita dan diubah menjadi glukosa. Ketika kadar glukosa pada seseorang rendah atau turun, orang tersebut akan lebih sensitive dan sangat mudah terpancing untuk marah.

  1. Tertawa

Menurut penelitian, tertawa selama lima hingga sepuluh menit dapat membuat tubuh kita memproduksi hormon endorfin yang dapat membuat kita menjadi lebih bahagia. Saat kita tertawa, tubuh akan secara otomatis akan meningkatkan system imun pada tubuh kita. Selain itu, tertawa juga dapat menurunkan tekanan darah, dan dapat mencegah penyakit jantung.

  1. Musik

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara menghilangkan stress dengan ampuh. Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda. Ada orang yang memiliki selera musik pada genre rock, klasik, pop, RnB, dan yang lainnya. Pada dasarnya, instrumen klasik atau musik klasik dapat menghilangkan stress lebih cepat. Namun tidak menutup kemungkinan genre lain pun bisa menghilangkan stress.

  1. Tidur

Apabila anda mengalami stress yang sangat berat, tidak ada salahnya jika anda tidur. Walaupun sebenarnya tidur sangat sulit dilakukan ketika anda stress. Namun cobalah tertidur perlahan lahan. Akan lebih cepat jika dibantu dengan alunan musik yang pelan.

Beberapa orang kebingungan bagaimana cara menghilangkan stress yang ampuh dan cepat. Padahal cara cara tersebut merupakan beberapa rutinitas kita sehari hari. Cara tersebut merupakan cara yang ampuh dan mudah dilakukan.

Untuk cara menghindari stress, dapat dilakukan hal hal seperti berikut:

  1. Pola hidup teratur

Pola hidup yang teratur merupakan salah satu pencegahan stress yang dapat dilakukan. Maksudnya, pola hidup teratur itu meliputi jam tidur yang tidak terlalu larut dan teratur. Selain itu, pola makan yang teratur dan makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh. Olahraga yang teratur juga dapat dilakukan, baiknya pada pagi hari dan sore hari. Setidaknya olahraga dilakukan minimal tiga hingga empat kali dalam seminggu.

  1. Memiliki sifat hidup positif

Sifat hidup positif diperlukan untuk mencegah stress. Seperti halnya positif thinking, sifat hidup positif lainnya juga dapat membuat hidup kita lebih baik. Contoh dari hidup positif adalah berbuat baik pada orang sekitar dan pada lingkungan, berbicara dengan kata kata yang baik dan tidak mengumpat atau mencela, dan lain lain.

  1. Mengembangkan kehidupan spiritual

Menurut penelitian, orang yang lebih sering beribadah dan berdoa akan memiliki tingkat stress yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak rutin melakukannya. Pertama, anda harus memahami diri sendiri terlebih dahulu. Selain itu, anda harus memaafkan diri sendiri dan memaafkan orang lain seburuk apapun kesalahan itu. Setelah itu, barulah anda bisa mengenal tuhan lebih baik.

  1. Meluangkan waktu untuk sendiri

Setiap orang tentu perlu waktu untuk sendiri. Istilah lain yang digunakan untuk kondisi seperti ini disebut me-time. Setiap orang memiliki cara me-time yang berbeda. Ada orang yang me-time dengan menonton film, menghabiskan waktu untuk membaca novel, membuat kerajinan, melakukan kreatifitas lain, memasak, dan lain lain.

Sebelum kita terlanjur stress dan kebingungan mencari cara menghilangkan stress yang ampuh, pencegahan pencegahan stress di atas lebih baik dilakukan. Hal hal tersebut sangat mudah dilakukan dan prosesnya pun cepat. Seperti pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati

Dan demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Menghilangkan Stress. Cek juga informasi menarik yang paling asik lainnya hanya di PalingAsik.id, terima kasih 🙂

11 Cara Menghilangkan Stress Paling Ampuh | Muhammad Jefri | 4.5
/* */