free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Mudah....

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Mudah

PalingAsik.id – Cara Menghilangkan Virus ShortcutVirus pada komputer atau flashdisk memang sangat mengganggu, bahkan tidak jarang virus tersebut mengakibatkan kerusakan yang fatal. Karena itu diperlukan perlindungan ekstra untuk komputer Anda agar tidak mudah terserang virus. Ada beragam virus yang dapat menyerang komputer dengan penanganan yang berbeda-beda. Salah satu virus yang cukup sering menyerang komputer adalah virus shortcut, yang biasanya menginfeksi flashdisk secara cepat.

Virus shortcut mulai berkembang sejak Januari tahun 2011 silam dan hingga kini masih menyebabkan masalah. Virus shortcut ini memang sangat mengganggu, meskipun tidak dapat merusak komputer. Namun sebenarnya, cara menghilangkan virus ini agar tidak terus menerus merusak komputer tidak terlalu rumit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Silakan simak cara menghilangkan virus shortcut yang akan kami ulas di bawah ini.

Sistem Kerja Virus Shortcut

Sebelum mengetahui cara menghilangkan virus shortcut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, bagaimana virus tersebut bekerja. Virus shortcut ini akan menyembunyikan file asli yang kita simpan di komputer maupun flashdisk. Cara virus ini menyembunyikan filenya adalah dengan mengubah file atrribut menjadi super hidden. Kemudiaan file tersebut akan dibuat duplikatnya oleh virus tadi namun dalam bentuk shortcut. Cirinya adalah icon file tampak sama hanya saja ada tanda panah kecil di sisi bawah kanannya.

Sebenarnya virus shortcut ini tidak terlalu berbahaya, karena tidak sampai merusak file yang kita miliki. File tersebut hanya disembunyikan ke dalam bentuk super hidden. File akan “menghilang” jika komputer yang kita gunakan tidak disetting untuk menampilkan file dengan attribut super hidden. Dan file tersebut tetap bisa dikembalikan lagi.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Cara Menampilkan File yang Menghilang Akibat Virus Shortcut

Jika Anda ingin mengembalikan file yang hilang karena terserang virus shortcut,, langkahnya sangat sederhana, yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk ke dalam windows explorer. Agar lebih cepat, silakan tekan huruf E dan tombol windows yang terdapat pada keyboard secara bersamaan.
  2. Selanjutnya apabila telah masuk ke dalam windows explorer, klik folder options dan lakukan pengaturan file and folders. File options tersebut terdapat dalam menu tools atau bisa juga dengan cara menekan tombol alt dengan huruf T secara bersamaan.
  3. Setelah window folder options terbuka, klik tab “view” dan ubah sedikit settingan yang terdapat di dalamnya. Yaitu melalui cara menghilangkan centang pada Hide extentions for known file types. Kemudian tanda centang pada hide protected operating system files (Recomended) juga harus dihilangkan. Kemudian klik oke.

Langkah-langkah di atas sangat aman dan tidak akan membuat windows menjadi error. Duu pilihan tersebut dihilangkan centangnya dengan tujuan agar file yang disetting dengan attribut super hidden dapat ditampilkan kembali. Biasanya file dengan jenis ini digunakan untuk file system. Jadi jangan sampai Anda menghapus file system tersebut.

Menghilangkan Virus Shortcut dengan Antivirus

Antivirus dapat mengembalikan file yang tersembunyi akibat terserang virus shortcut. Karena selain berfungsi untuk mendeteksi adanya virus, antivirus juga bisa digunakan untuk menghapus file yang sudah terinfeksi. Antivirus juga berperan dalam menangkal masuknya virus ke komputer seandainya terdapat virus di dalam flashdisk yang dihubungkan ke komputer kita. Gunakanlah antivirus yang paling bagus agar keamanan komputer Anda lebih terjamin.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Melakukan Scanning

Melalui proses scanning akan diketahui apakah komputer Anda terinfeksi virus atau tidak. Lakukanlah full scanning, yaitu proses scanning secara menyeluruh. Melalui proses ini, maka seluruh isi dari drive c, drive d, dan flashdisk yang Anda hubungkan dengan komputer Anda pun akan discan. Silakan ditunggu hingga proses scanning tersebut selesai.

Setelah itu antivirus akan memberi laporan tentang virus-virus yang ia temukan. Kemudian, hapuslah semua virus yang telah terdeteksi oleh antivirus tersebut. Apabila file yang Anda miliki terserang virus shortcut, maka file tersebut tidak akan hilang setelah proses scan ini selesai. Bahkan file tersebut akan dikembalikan seperti semula.

Baca Juga : Cara Membersihkan Laptop Dari Virus Dengan Benar

Langkah-Langkah Menghapus Virus Shortcut

Meskipun virus telah dihapus, namun biasanya file shortcut yang ditinggalkan oleh virus masih tersimpan. File tersebut harus dibersihkan. Caranya buka flashdisk di windows explorer kemudian perhatikan pada drive apa ia terletak. Apakah di drive E, F, atau G.

Kita umpamakan flashdisk terdepat pada drive E. Untuk memulai proses penghapusan, masuklah ke dalam dirve E melalui comond propmt atau dikenal juga sebagai cmd. Untuk menuju ke sana masuk ke RUN atau dengan menekan tombol windows dan huruf R secara bersamaan. Kemudian masukkan cmd pada kotak kemudian klik enter.

Setelah jendela commandpromt terbuka, masuk ke drive E, yaitu tempat dimana falshdisk terpasang. Caranya adalah ketik F: kemudian tekan enter. Jika sebelah kursor yang berkedip telah berubah menjadi F:\>_ proses penghapusan bisa dilakukan. Selanjutnya, ketik del *.Ink s/ d/ lalu tekan enter, jika terjadi error, ketik del *.Ink kemudian tekan enter. Tujuannya adalah untuk menghapus file shortcut yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Jika tahapan tersebut telah selesai, maka file shortcut pun akan terhapus. Selanjutnya adalah menampilkan kembali file yang telah disembunyikan oleh virus tersebut. Untuk menampilkannya kembali, attribut file tersebut harus diubah menjadi normal atau dalam mode standar.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Langkah yang harus dilakukan adalah ketikkan kembali drive letter usb atau flashdisk kita, misal E: dan tekan enter. Lakukan itu ketika Anda masih terdapat pada command promt (cmd). Selanjutnya aketik attrib –s –h –r /s /d lalu tekan enter lagi. Jika terjadi errror, coba hilangkan /d, apabila masih gagal, coba hilangkan /s tanpa menghilangkan /d pada kode yang Anda ketik. Tunggulah beberapa saat hingga proses perubahan attribut selesai dilakukan. Jika sudah selesai, file yang telah disembunyikan oleh virus shortcut tersebut telah kembali dalam mode standar.

Seperti yang telah dijelaskan tadi, super hidden digunakan untuk menyimpan file system agar tidak terlihat dengan mode standar atau normal. Apabila file system terlihat, maka dikhawatirkan tidak sengaja terhapus sehingga menghasilkan error. Sehingga akan lebih baik jika file system tersebut dikembalikan ke mode hidden lagi. Yang penting adalah file yang disembunyikan oleh virus shortcut telah kembali dalam mode standar.

Tahapan yang harus Anda lakukan untuk mengembalikan file system ke dalam mode hidden cukup mudah. Anda hanya perlu mengembalikan centang yang terdapat pada tab view yang dihilangkan tadi. Langkah pertama masuk ke windows explorer dengan menekan tombol windows dan huruf E secara bersamaan. Kemudian masuk ke folder options dan lakukan pengaturan file dan folders.

Kemudian masuk ke menu tools dengan meneka tombol alt dan huruf T secara bersamaan dan pilih folder options. Jika window folder terbuka klik tab view dan berikan centang lagi pada hide extentions for known file types. Lalu berikan juga centang pada Hide protected operating system files (Recomended) dan klik oke. Bagaimana? Mudah bukan cara menghilangkan virus shotcut pada komputer maupun flashdisk? Semoga bermanfaat.

/* */