free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Doa Bulan Ramadhan Dalam Bahasa Arab Lengkap....

Doa Bulan Ramadhan Dalam Bahasa Arab Lengkap

Doa Bulan Ramadhan Dalam Bahasa Arab Lengkap

Doa Bulan Ramadhan Dalam Bahasa Arab Lengkap. Foto : Aktual.com

Doa Bulan Ramadhan Dalam Bahasa Arab Lengkap. Bulan Ramadhan tahun 2017, tentunya akan membuat umat islam merasa bahagia karena kedatangannya. Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah.

Di setiap hari, jam, menit, dan detiknya pun penuh dengan keberkahan yang diberikan oleh ALLAH SWT. Maka dari itu, bagi siapa yang merayakan bulan yang penuh berkah ini, berbahagialah, karena tidak semua umat muslim merayakannya dikarenakan umur yang sudah diatur oleh ALLAH SWT.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, semua umat muslim harus menjalankan puasa selama satu bulan penuh hingga takbir berkumandang. Tidak hanya puasa yang dijalankan, shalat tarawih pun juga menjadi ciri khas dari bulan yang penuh berkah ini.

Dengan melakukan amalan puasa dan shalat tarawih pahala yang menjalankannya akan bertambah dua kali lipat. Dan tentunya teman-teman tetap harus menjalankan sholat lima waktu, menjalankan sholat sunnah jika mampu, membaca al-qur’an, dan selalu melakukan kebajikan dimana pun teman-teman berada.

Karena dengan itu, maka teman-teman akan mendapatkan berkah yang melimpah.

Baca Juga : Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Niat puasa ramadhan yang wajib dilakukan selama bulan ramadhan biasanya dibaca bersama-sama setelah menjalankan sholat tarawih. Jika teman-teman tidak mengikuti sholat tarawih, maka niat puasa ramadhan dapat dibaca dirumah sebelum imsak.

Adapun bacaan-bacaan yang merupakan doa khusus bulan ramadhan yang harus dibaca, seperti doa menyambut bulan ramadhan, doa lailatul qadar, doa berbuka puasa, doa niat menjalankan puasa ramadhan, doa shalat witir, dan doa melihat hilal (bulan sabit).

Sebenarnya dalam menjalankan bulan ramadhan ini tidak ada doa-doa khusus yang terkandung di dalamnya. Hanya saja para sahabat dan ulama-ulama pada generasi setelahnya menyambut bulan ramadhan atau bulan yang penuh berkah ini dengan penuh cinta dan kegembiraan lahir dan batin.

Kebahagiaan yang telah beliau rasakan mengandung doa harapan dan kebaikan. Maka para sahabat membaca doa-doa tersebut dalam melaksanakan bulan yang suci ini. Inilah penjelasan doa bulan ramadhan dalam bahasa arab :

1. Doa Menyambut Ramadhan

Artinya :

“Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban, serta pertemukanlah kami dengan bulan ramadhan”.

Doa menyambut ramadhan sesuai sunnah ini dapat dibaca ketika pada saat bulan rajab atau bulan sya’ban dan bisa juga diucapkan ketika malam menjelang hari puasa. Karena dengan membaca doa ini, secara lahir batin kita telah bersyukur atas datangnya bulan yang suci ini. Maka segala berkah-berkah, pahala-pahala akan menghampiri semua umat muslim.

2. Doa Lailatul Qadar

Artinya :

“Ya Allah,sesungguhnya engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku”.

Doa lailatul qadar dibaca ketika malam lailatul qadar tiba. Biasanya malam tersebut datang pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Dimana malam tersebut merupakan malam yang baik untuk melakukan suatu kebajikan dan selalu berdzikir pada ALLAH SWT.

Simak Juga : Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan

3. Doa Berbuka Puasa

Artinya :

“Ya Allah, aku berpuasa hanya untukmu dengan rizkimu aku berbuka. Hilangkan rasa haus, tenggorokan menjadi basah, semoga pahala ditetapkan, insya allah”.

Doa berbuka puasa ini merupakan doa harian bulan ramadhan. Dimana setiap kita melakukan puasa, meskipun bukan bulan ramadhan. Doa ini akan selalu diucapkan ketika menjelang berbuka puasa.

4. Doa atau Niat Menjalankan Puasa

Artinya :

“Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah ta’ala”.

Doa ini merupakan doa yang selalu dibaca ketika umat muslim hendak menjalankan puasa di keesokan harinya. Doa ini sama dengan doa berbuka puasa, dimana kedua doa ini yang harus diucapkan dan merupakan doa ramadhan hari ke 1 sampai 30.

5. Doa Shalat Witir

Artinya :

“Maha suci engkau penguasa yang memiliki kesucian”.

Doa ini dibaca ketika seseorang menjalankan shalat witir yang sebelumnya harus melakukan sholat tarawih terlebih dahulu.

6. Doa Melihat Hilal

Artinya :

“Allah Maha Besar. ya Allah, munculkanlah hilal itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, membawa taufiq kepada apa yang engkau ridhai, rabb kami dna rabb kamu adalah Allah”.

Itulah contoh kumpulan doa bulan ramadhan yang wajib diketahui untuk umat muslim yang menjalankan bulan ramadhan. Doa yang diucapkan harus penuh dengan hati yang ikhlas, karena sesuatu yang ikhlas akan menghasilkan sesuatu yang indah.

Doa Bulan Ramadhan Dalam Bahasa Arab Lengkap | Muhammad Jefri | 4.5
/* */