free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Kata Kata Bijak Singkat Namun Menyentuh Paling Keren....

Kata Kata Bijak Singkat Namun Menyentuh Paling Keren

Kata Kata Bijak Singkat Kebijaksanaan dalam kehidupan memang mampu membuat perasaan damai lebih dalam pada diri seseorang. Namun menjadi bijaksana tentu saja bukan hal yang praktis dan mudah dilaksanakan. Karena itu belajarlah dari banyak hal agar mampu lebih bijak dalam menyikapi kehidupan. Salah satunya melalui kata-kata bijak singkat di bawah ini.

“Berbuat baiklah kepada siapa pun, kapan pun, dan dimana pun.”

Melakukan perbuatan baik sebenarnya sama sekali tidak merugikan. Mungkin kamu berpikir tentang waktu, tenaga bahkan finansial yang terbuang, tetapi sesungguhnya segalanya akan diganti oleh Tuhan. Asalkan setiap kebaikan yang ditebarkan dilakukan dengan keikhlasan. Karena itu berbuat baiklah selalu ketika ada kesempatan tanpa pandang bulu.

“Hiduplah seperti bintang di malam hari yang selalu menerangi.”

Bintang adalah sumber cahaya abadi yang pasti hadir setiap harinya. Sebagai manusia kita bisa menjadi bintang. Bukan hanya bersinar tetapi menebar manfaat atas sinar yang dimiliki. Sehingga, alih-alih menyilaukan, kehadiranmu justru memberi sumber cahaya dan dinanti oleh banyak orang.

“Berilah kesejukan pada hati orang lain dengan kata-kata yang indah.”

Hampir semua masalah dengan orang lain bersumber dari perkataan. Apabila lidahmu sulit dipelihara, maka semakin sedikit orang yang mau berteman denganmu. Namun jika perkataanmu tidak menyakitkan, maka semakin banyak orang yang senang denganmu. Terutama di saat suasana tengah memanas, perkataan yang lembut dan menyejukkan sangat dibutuhkan.

“Hiduplah seperti lebah yang hanya mengambil dan memberi yang baik.”

Lebah selalu meninggalkan bunga-bunga yang layu dan tidak pernah memberi madu yang masam. Selayaknya manusia pun melakukan hal tersebut. Ambil dan pelajarilah yang baik dan buang yang buruk sehingga mampu bertingkah laku dan bertutur kata yang baik pula.

Kata Kata Bijak Singkat Namun Menyentuh Paling Keren

Kata Kata Bijak Singkat Namun Menyentuh Paling Keren

“Berterima kasihlah kepada musuhmu karena dia yang tahu kekuranganmu.”

Mungkin menyenangkan jika hidup tanpa musuh, namun hal tersebut sepertinya sulit diwujudkan. Tetapi sebenarnya musuh juga dapat memberi manfaat. Melalui musuh, segala kekurangan dan kelemahan yang kamu miliki lebih mudah terkuak. Dengan begitu kamu lebih mudah untuk intropeksi diri dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

“Berhati-hatilah dengan orang yang menyayangimu karena dia terkadang membenarkan kesalahanmu.”

Berbeda dengan musuh, orang yang menyayangi cenderung akan menyembunyikan kritik. Biasanya hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan pertemanan karena khawatir temannya akan tersinggung. Padahal diam saat teman melakukan kesalahan bisa dikatakan menjerumuskan teman sendiri. Karena sang teman jadi tidak mengetahui bahwa yang ia lakukan tidak benar dan akan terus mengulang kesalahan yang sama.

Baca Juga : 100 Kata Kata Bijak Tentang Kehidupan Paling Asik dan Inspiratif

“Hidup bagaikan mimpi, sebelum terbangun, hiasilah mimpi itu dengan hal yang bermakna.”

Hidup di dunia sangatlah singkat, sehingga terasa bagaikan mimpi saja. Sebaiknya waktu yang tak lama ini diisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sehingga keberadaanmu di dunia tidak sia-sia dan tak membekas sama sekali dalam ingatan orang lain.

“Bersikap baiklah bahkan kepada teman akrabmu, karena memaafkan teman akan lebih sulit dibanding memaafkan musuh.”

Terkadang karena sudah terlalu karib, perkataan dan perbuatan kepada teman tidak lagi diperhitungkan. Apakah itu menyakiti atau tidak. Padahal sebagai manusia biasa, teman akrab juga memiliki hati yang mungkin tersinggung dengan perbuatan dan perkataan kurang baik. Berhati-hatilah, karena jika itu terjadi, bisa jadi kamu akan kehilangan temanmu untuk selamanya. Hal tersebut karena akan sangat sulit memaafkan orang yang sudah lama dipercayai.

“Jangan percaya dengan orang yang senang membicarakan orang lain, karena dia pasti juga senang membicarakanmu.”

Saat seseorang senang membicarakan keburukan orang lain di hadapanmu, maka bisa jadi ia juga memperlakukanmu seperti itu. Karena itu usahakan untuk tidak membocorkan rahasia apa pun kepadanya. Dan kalau perlu hindari berteman dengan orang-orang yang seperti itu. Namun yang paling penting adalah jangan pernah mau menjadi begitu.

“Jadilah seseorang yang kepergiannya dicemaskan dan kehadirannya dinantikan.”

Pernahkah kamu merasa kesal karena kehadiran seseorang? Setiap saat ia ada, rasanya kamu tidak betah dan ingin segera berpisah. Pernahkah kamu berpikir bahwa bisa jadi orang lain merasakan hal yang sama atas kehadiranmu? Tentu rasanya tidak menyenangkan. Karena itu, jadilah orang yang baik dari segi perkataan dan perbuatan.

“Bahagiakan orang tuamu agar mendapat kebahagiaan yang sejati.”

Restu kedua orang tua merupakan hal yang paling berharga dalam hidup ini. Berbuat baik kepada kedua orang tua akan menjadi salah satu jalan untuk membahagiakan mereka. Dan yang paling sederhana adalah menuruti permintaan mereka. Karena sesungguhnya tidak akan ada orang tua yang tega mencelakakan anaknya sendiri.

“Kamu sendiri yang mengukir kebahagiaanmu.”

Kebahagiaan tentu saja menjadi hal yang selalu dinanti ketika hidup di dunia. Namun jangan pernah mengharapkan kebahagiaan dirimu dari orang lain. Berusahalah untuk bahagia dengan caramu sendiri karena setiap insan itu unik dan memiliki jalan yang berbeda untuk bahagia.

“Berpikir positif, cara paling sederhana untuk bahagia.”

Sebenarnya hal yang menjadikan seseorang merasa sengsara adalah pikiran itu sendiri. Jika ia selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki dan bersabar terhadap segala yang tidak terjadi, niscaya kebahagiaan dapat diraih. Dengan menghilangkan pikiran negatif, maka segala hal akan tampak menyenangkan dan dapat membuat lebih bahagia.

Kata Kata Bijak Singkat Namun Menyentuh Paling Keren

Gambar Ilustrasi

“Menasihati terkadang jauh lebih mudah ketimbang menjalani.”

Menasihati memang perkara yang sangat mudah. Meminta orang lain untuk berbuat ini dan itu dengan alasan demi kebaikannya. Tetapi ketika diri sendiri yang berada di posisi itu, tidak mampu melakukan seperti yang dinasihati kepada orang lain. Hal tersebut sebaiknya jangan diteruskan. Berusahalah untuk menjadi orang yang bisa mempertanggungjawabkan kalimatnya.

“Keluhan tidak akan mengubah keadaan.”

Seringkali ketika sedang berada di situasi yang rumit, manusia jadi lebih mudah mengeluh. Padahal keluhan tidak membuat kerumitan tersebut sirna, bahkan malah memperburuk suasana. Berusahalah untuk selalu bersikap tenang. Memang sulit, tapi tidak ada salahnya untuk terus dicoba agar terbiasa.

Simak Juga : Kata Kata Bijak Tentang Cinta Paling Menyentuh

“Jatuh dulu agar bisa merasa sakit dan tahu caranya bangkit.”

Pengalaman pahit biasanya menjadi pemicu paling kuat agar bisa menjad lebih hebat asalkan tidak terpuruk dengan penyesalan. Selama masih ada kesempatan, cobalah untuk terus melakukan perbaikan agar pengalaman pahit tersebut tidak terulang. Sehingga pijakanmu akan semakin kokoh saat kembali berdiri.

“Lihatlah sesuatu dari berbagai sudut pandang.”

Setiap masalah yang dihadapi pasti bisa diselesaikan dan selalu ada hikmah di balik itu semua. Jika kamu merasa buntu dalam mencari solusi terhadap permasalahanmu, cobalah lihat dengan sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu kamu akan menemukan cara baru untuk memecahkan masalah tersebut.

Kata kata bijak singkat memang selalu diperlukan sebagai pengingat tatkala diri ini sedang kebingungan. Dengan membaca kata-kata bijak diharapkan dapat memberi inspirasi untuk menuju kehidupan yang lebih baik lagi. Selamat berjuang. Cek kata kata yang bijak dan lebih panjang lainnya hanya di PalingAsik.id, terima kasih 🙂

/* */