free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan....

Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan. Foto : hamizann.blogspot.co.id

Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan. Dalam umat muslim sudah sewajarnya untuk merayakan Bulan Suci Ramadahan yang selalu datang disetiap tahunnya. Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh orang-orang mukmin.

Kedatangan Bulan Suci Ramadhan adalah rahmat terindah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada umatnya, karena pada bulan tersebut adalah dimana semua amal manusia akan mendapatkan pengampunan dan memulai lembaran baru yang suci. Dan kepergian bulan ini akan sangat disesali oleh oleh umat islam daripada kepergian tamu yang istimewa.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan iblis-iblis yang mengganggu manusia akan dikumpulkan dan diikat agar tidak mengganggu manusia dalam menjalankan ibadah yang suci di bulan ramadhan.

Dan semua amal yang dilakukan pada bulan ini akan mendapatkan balasan yang lebih banyak dan lebih baik lagi dari sebelumnya. Maka dari itu umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal kebakan dan meninggalkan larangannya. Hal ini diperkuat dengan cukup banyaknya hadits keutamaan ramadhan dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

Pada bulan ramadhan yang akan datang ini memiliki keutamaan dan keistimewaan dalam menjalankannya. Inilah keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya :

1. Diampunilah Dosa Pada Bulan Ramadhan

Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharapan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Beruntunglah seseorang yang telah menjalankan puasa di bulan Ramadhan, karena akan mendapatkan sesuatu yang sangat indah dan tidak dapat di ketahui oleh siapapun keindahan itu. Puasa Ramadhan dapat menebus dosa hingga datangnya bulan ramadhan berikutnya dengan syarat puasanya yang ikhlas.

2. Puasa Bulan Ramadhan Menyehatkan

Salah satu keutamaan orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan termuat dalam Hadits Nabi SAW berikut ini :

Rasulullah SAW bersabda:

“Berpuasalah, maka kamu akan sehat” (HR. Ibnu Sunni).

Ada pula pepatah yang mengatakan bahwa berpuasa memang lebih menyehatkan dari pada tidak berpuasa, apalagi diet khususnya untuk wanita. Karena puasa dapat meminimaliskan makanan yang ada pada lambung kita dan lambung adalah tempat tinggal penyakit. Berpuasa tidak hanya mneyehatkan tubuh tetapi juga akan mendapatkan pahala jika menjalankannya.

3. Puasa Mengajarkan Kesabaran Batin

Rasulullah SAW bersabda :

“Bila seseorang menghina dan mencacinya, hendaknya ia berkata Sesungguhnya aku sedang berpuasa”.

Puasa di bulan ramadhan mengajarkan kita untuk menahan nafsu apapun. Seperti makan dan minum disiang hari sampai pada saat berbuka. Itulah mengapa keutamaan puasa dan keutamaan bulan ramadhan dirasa oleh kaum muslimin di seluruh dunia sangat besar.

4. Puasa Melatih Kedisiplinan

Puasa juga dapat melatih kedisiplinan seseorang, dimana pada saat kita waktunya makan pada waktu terentu dan menahannya sampai berbuka di waktu yang tepat.

5. Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Lailatul Qadar yaitu malam kemuliaan merupakan malam yang adapada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Dimana pada malam tersebut akan banyak sekali barakah dan kemuliaan, bahkan satu malam tersebut merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan.

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya bulan ramadhan telah datang kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan-kebaikan”.

6. Bulan Ramadhan, Bulan yang Penuh Berkah

Rasulullah SAW bersabda :

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah”.

Bulan Ramadhan yang ada pada setiap tahunnya merupakan bulan yang penuh berkah dimana hal itu adalah salah satu keutamaan bulan suci ramadhan. Dimana akan ada sesuatu yang indah dalam menjalankannya.

Misal membagikan takjil kepada anak yatim, kepada anak-anak jalanan, dan kepada orang yang tidak mampu untuk berbuka puasa. Dalam hal tersebut tidak hanya kebajikan yang kita dapatkan, bahkan lebih dari itu, kita dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang tersebut. Dan kita dapat menyaksikan kebaikan-kebaikan yang diutarakan kepada orang lain dimana hal itu adalah salah satu bentuk dari kemuliaan bulan ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda :

“Bagi siapa yang memberi (makanan dan minuman) untuk berbuka, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang berpuasa, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang berpuasa tersebut”.

Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka jahanam ditutup, dan iblis-iblis pun di belenggu”.

Banyak keutamaan-keutamaan di bulan Ramadhan berdasarkan perhitungan hari yang telah Allah SWT tetapkan seperti keutamaan bulan ramadhan 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan yang paling utama adalah 10 hari terakhir. Dimana pada waktu itu turunya malam Lailatul Qadar.

7. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana pada tanggal 17 Ramadhan merupakan peringatan Nuzulul Quran, yakni telah diturunkannya kitab suci al-quran sebagai pedoman hidup bagi kaum muslim dan menjadi buku petunjuk untuk mencapai ridhonya. Dan bagi umat muslim anda dapat memperbanyak do’a di hari turunnya Al-Quran, agar bisa mendapat berkah yang lebih saat dibulan yang penuh berkah ini.

Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan | Muhammad Jefri | 4.5
/* */