free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Pantai Klayar Pacitan Yang Mempesona....

Pantai Klayar Pacitan Yang Mempesona

PalingAsik.id – Pesona pantai selatan memang tidak pernah selesai dibicarakan. Salah satu yang dapat membuat kamu berdecak kagum adalah Pantai Klayar. Meskipun belum setenar Goa Gong dan Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar telah menjadi tujuan wisata menarik bagi masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya.

Berada di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Pacitan, Pantai Klayar memang sangat eksotis. Birunya laut dan kondisi alam yang belum tersentuh tangan manusia menjadikan pantai ini semakin indah.

Namun, untuk menuju ke pantai ini, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Akses jalan menuju Pantai Klayar tidak mudah. Di perjalanan, kamu akan menemui jalan yang belum diaspal atau rusak. Jalan yang ditempuh juga berkelok-kelok dan naik turun. Sehingga kamu harus berhati-hati ketika dalam perjalanan menuju kemari.

Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah saat matahari terbenam. Di sini, terdapat tempat yang sangat bagus untuk menikmati senja. Tempat itu berada di tebing yang berada di sisi kanan pantai. Kamu bisa melihat indahnya pantai dengan matahari terbenam yang sangat eksotis.

Pantai Klayar

Foto Instagram by @nisanisa2196

Karakteristik Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah pantai pasir putih yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing-tebing tinggi. Pasir putih yang ada di Pantai Klayar berasal dari hasil erosi pegunungan karst yang ada di pantai tersebut. Yap, Pacitan termasuk dari deretan pegunungan karst yang membentang dari Kabupaten Bantul hingga Kabupaten Tulungagung.

Begitu memasuki pantai ini, kamu akan langsung menyaksikan deretan karang yang menjulang tinggi di timur pantai. Karang ini menjadi ikon Pantai Klayar. Tidak hanya untuk dilihat, bukit karang itu juga bisa didaki. Dari atas sana, kamu dapat melihat keindahan Pantai Klayar dari ketinggian. Sangat indah.

Tak hanya itu, terdapat beberapa fenomena unik di Pantai Klayar. Salah satu yang paling unik adalah ada fenomena air mancur yang muncul dari sebuah celah batu ketika air pasang. Efek blow pipe ini lebih ketara lagi bila batu tersebut dihantam ombak besar. Fenomena ini juga disebut seruling samudera karena menimbulkan suara seperti alunan seruling setiap air mancur keluar.

Sebagian besar masyarakat mempercayai bahwa air yang muncul lewat karang tersebut memiliki khasiat yang dapat membuat awet muda. Namun, ada baiknya kamu menjaga jarak dengan air mancur tersebut. Ombak besar yang ada di pantai ini bisa menyeretmu ke tengah Samudera Hindia, lo.

Keunikan lainnya, terdapat tiga lubang air di celah-celah karang yang ada di belakang tebing batu. Ketiga lubang tersebut disebut sumur oleh warga sekitar. Sumur pertama yang paling besar dulunya digunakan untuk memandikan kuda. Dahulu, area pantai memang sering digunakan untuk pacuan kuda.

Sumur kedua dan ketiga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandinngkan dengan nsumur pertama. Sumur tersebut diberi nama Sumur Suranyata dan Cindelaras. Konon, sumur-sumur tersebut memiliki khasiat dan membawa berkah kebaikan.

Pantai Klayar

Foto Instagram by @randikarini

Baca Juga : Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

Di Pantai Klayar juga terdapat tebing batu yang menjulang membentuk Patung Sphinx. Awalnya, batu tersebut diberi nama Watu lumbung. Tetapi karena dari kejauhan seperti Patung Sphinx, batu tersebut lebih dikenal sebagai Batu Sphinx.

Karakteristik Pantai Klayar yang lain adalah ketinggian ombak yang sangat tinggi dan arus pembalikan yang sangat besar. Kecapatan arus tersebut mencapai 80 km/jam. Arus tersebut bukan hanya kuat tetapi juga mematikan. Sehingga Pantai Klayar tidak cocok digunakan untuk berenang.

Fasilitas Pantai Klayar

Tidak perlu bermuram durja. Meskipun terdapat larangan berenang di Pantai Klayar, kamu dapat menikmati keindahan pemandangan di sini. Berteman debur ombak dan sepoi angin laut yang menyegarkan, dijamin akan membuat rileks pikiranmu.

Fasilitas Pantai Klayar yang dapat kamu nikmati juga sangat banyak. Di sana terdapat tempat parkir yang luas sehingga kamu tidak akan kesulitan mencari tempat parkir. Kamar mandi dan WC umum juga tersedia di beberapa tempat. Khawatir tidak bisa beribadah? Tenang saja, di sana juga sudah tersedia musolla, kok.

Tak perlu khawatir kelaparan, disepanjang pantai terdapat warung-warung makan yang menyediakan makanan dan minuman. Makanan dan minuman di area sini juga dijual dengan harga terjangkau, lo.

Kamu juga bisa menginap di sekitaran pantai. Terdapat banyak homestay yang terletak tidak jauh dari lokasi pantai. Harga penginapan tersebut juga bermacam-macam tergantung dari fasilitas yang tersedia.

Jika kamu mencari hotel, kamu bisa mendapatkan di wilayah kecamatan Donorejo. Kamu juga dapat mencari di kecamatan lain atau langsung menuju kawasan kota Pacitan. Di sana terdapat beberapa hotel yang memiliki alamat cukup dekat dengan pantai.

Selain itu, kamu juga bisa camping sambil piknik di pantai ini bersama teman-temanmu. Kamu dapat menikmati indahnya matahari terbenam dan matahari terbit di sini. Kamu juga bisa menikmati malam sambil bercengkrama dan membakar ikan bakar di sini. Menyenangkan, bukan?

Lokasi, Rute, dan Peta Pantai Klayar

Lokasi Pantai Klaayar berada di dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini berada di sebelah barat kota Pacitan dengan Koordinat GPS : -8.223808,110.947473. Jarak tempuh Pantai Klayar dari kota Pacitan sekitar 40 KM atau 1-1,5 jam perjalanan.

Belum ada kendaraan umum yang dapat mengantar kamu hingga ke pantai ini. Sehingga akan lebih nyaman bila berkunjung ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kamu juga bisa menggunakan agen wisata untuk mengunjungi pantai ini.

Ada banyak sekali rute yang dapat kamu lewati bila ingin berkunjung ke Pantai Klayar. Apabila kamu datang dari Jawa Timur, rute yang paling mudah adalah melalui Ponorogo. Setelah sampai Ponorogo, kamu dapat memasuki Pacitan, melalui Slahung-Gemaharjo-Arjosari. Sesampainya di Pacitan, kamu harus melanjutkan perjalanan ke Punung dan kawasan Goa Gong sebelum tiba di Pantai Klayar. Jarak tempuh dari Ponorogo ke Pantai Klayar sekitar 110 KM dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Pantai Klayar

Foto Instagram by @andrik22

Simak Juga : Wisata Pantai Sawarna

Apabila kamu dari Yogyakarta, rute Pantai Klayar paling favorit adalah melalui Wonosari di Gunung Kidul. Rute ini akan melalui darerah Pathuk-Pracimantoro-Giribelah-perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur-Punung-Pantai Klayar. Apabila kamu dari Solo, maka kamu hanya perlu menuju ke arah Pracimantoro. Selanjutnya kamu bisa mengikuti rute seperti apabila kamu dari arah Jogja. Dari Giribelah menuju Pantai Klayar, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Apabila kamu menggunakan kendaraan umum, kamu dapat turun di kota Pacitan. Dari kota Pacitan menuju ke Pantai Klayar, kamu bisa menumpang andongan atau mobil bak terbuka yang digunakan untuk barang. Kamu juga bisa menumpang mobil matuk yang mengantar masyarakat pergi-pulang ke Pasar. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa ojek.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar tergolong murah. Setiap hari, HTM yang dikenakan hanya sebesar Rp 10.000 saja. Harga tiket masuk ini belum termasuk biaya parkir, ya.

Pantai Klayar adalah pantai yang wajib kamu kunjungi ketika libur tiba. Dengan keindahan alamnya, kamu benar-benar akan merasakan sensasi liburan yang tak terlupakan. Semoga informasi-informasi tentang Pantai Klayar di atas dapat membantu kamu yang ingin berlibur ke sana, ya. Selamat berlibur gaess !

/* */