free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga....

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

PalingAsik.idPantai Ngalmbor. Pantai Pesisir Selatan Yogya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia memang sangat terkenal dengan keganasan ombaknya. Meskipun begitu keindahan alam di pantainya tak dapat dielak. Pengunjung tetap ramai meskipun dilarang untuk berenang. Namun, berbeda dari pantai-pantai lainnya, kamu bisa banget berenang Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor adalah salah satu pantai di Gunung Kidul yang lokasinya terlindung oleh batu karang. Batu karang itulah yang berfungsi sebagai pemecah ombak alami sehingga ombak di pantai tersebut tenang. Kamu bisa berenang dengan aman di pantai ini.

Masyarakat di sekitar Pantai Nglambor ini sangat menjaga kelestarian alam di sekitar pantai. Kawasan ini juga digunakan untuk budidaya beberapa jenis ikan. Lokasi ini juga digunakan untuk konservasi terumbu karang dan biola laut lainnya.

Salah satu yang tidak hilang adalah tradisi sedekah laut atau “Ngalangi”. Ngalangi dalam bahasa Jawa berarti menghalangi atau melarang. Masyarakat benar-benar menjaga biota laut di pantai ini. Penduduk luar hanya boleh sekali setahun mengambil ikan di sini. Sedangkan penduduk Pantai Nglambor sendiri hanya menangkap ikan dengan menggunakan gawar.

Berbeda dari daerah lainnya, di Pantai Nglambor ini tidak ada mitos yang berkembang. Hal ini dikarenakan awalnya kawasan pantai ini hanya dihuni oleh sepasang suami istri yang cukup tua. Apalagi kawasan ini cukup jauh dari pemukiman warga. Mbah Sawu (81) dan Mbah (Tukit) tinggal di sini untuk menjaga ladang mereka.

Pantai Nglambor ini termasuk pantai yang sangat sulit sekali untuk dikembangkan. Keberadaannya yang sembunyi dan akses jalan yang sulit menjadikan pantai ini sepi peminat. Namun, hal itu kini tidak berlaku lagi. Dengan kekuatan media sosial, Pantai Nglambor yang jarang terekspos kini telah ramai pengunjung.

Snorkeling adalah aktifitas wisata utama di sini. Tidak ingin berbasah-basahan? Tenang saja. Kamu bisa melakukan aktifitas lainnya seperti mencari kulit kerang atau batu halus warna-warni. Kamu juga bisa trekking dengan mendaki bukit-bukit karang yang mengelilingi pantai ini.

Di atas ketinggian bukit tersebut anda akan melihat keindahan laut berhias bukit, karang, termasuk kura-kura raksasa penjaga Pantai Nglambor. Dari sana, Pantai Wediombo juga dapat terlihat dari kejauhan.

Akan lebih indah bila kamu ke sini sore hari. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Apabila beruntung, kamu juga dapat bertemu segerombolan kera berekor panjang yang menghuni bukit-bukit di kawasa Pantai Nglambor.

Hal menarik lainnya, apabila ombak sedang tenang, kamu dapat melihat air laut yang sangat jernih. Saking jernihnya biota laut pun akan terlihat dengan jelas. Sangat indah, kan?

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

Snorkeling di Pantai Nglambor

Karakteristik Pantai Nglambor

Pantai yang sedang hits ini seperti dijaga oleh dua kura-kura raksasa. Kura-kura itu adalah batuan karang yang menjadi penjaga keutuhan Pantai Nglambor dari ganasnya ombak. Dengan gagah “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul” menghadang ombak, membuat terumbu karang di Pantai Nglambor terbebas dari ancaman kepunahan.

Selain air laut yang tenang, visibilitas air juga jernih.  Kawasan perairannya juga memiliki pantai yang landai dan dangkal. Sehingga pantai ini cocok dijadikan lokasi untuk snorkeling. Kamu dapat melihat berbagai jenis ikan kecil dengan ebrbagai warna. Selain itu, kamu juga dapat melihat terumbu karang yang alami dan biota laut lainnya.

Garis pantai di Pantai Nglambor tidak seluas Pantai Indrayanti, sehingga tidak cocok bila kamu ingin berjemur di sini. Pasirnya juga tidak halus tetapi sedikit kasar. Hal ini dikarenakan, pasir di pantai ini terbentuk dari cangkang biota laut yang pecah tau dari karang yang tergerus air laut.

Salah satu keunikan di pantai ini adalah adanya sumber air tawar yang memancar dari dua celah batu kecil. Ternyata, air tawar itu berasal dari lorong karst menyerupai pipa U yang berfungsi sebagai saluran air tanah.

Fasilitas Pantai Nglambor

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Nglambor. Salah satu hal yang menarik adalah aktifitas snorkeling. Tidak punya peralatan? Jangan khawatir, di sini, juga telah menyediakan peralatan snorkeling.

Ingin punya foto yang kece? Kamu bisa melakukan foto underwater di pantai ini. Dengan dipandu guide yang profesional, fotomu akan jadi sangat bagus. Lumayan, jadi ada foto baru yang bisa kamu upload di media sosialmu.

Selain itu, di pantai ini juga menawarkan jasa ojek yang akan mengantarkanmu dari parkiran menuju ke pantai. Pantai yang sempit memang menjadikan kendaraanmu harus diparkirkan sedikit lebih jauh dari bibir pantai. Apabila kamu tidak ingin lelah, kamu bisa menggunakan jasa ojek tersebut.

Di kawasan Pantai Nglambor ini juga tersedia musolla, toilet, ruang ganti, dan tempat penitipan barang. Jadi, kamu bisa menikmati aktifitas di air dengan tenang dan nyaman.

Penginapan Pantai Nglambor

  1. Bamboo Lengkung Indrayanti
    Harga Kamar Mulai Rp. 400.000,- s/d Rp. 600.000,-
  2. Joglo Watu Kelir
    Harga Kamar Mulai Rp. 300.000,-an
  3. Rock Garden Homestay
    Harga Kamar Mulai Rp. 200.000,- s/d Rp. 700.000,-
  4. Omah Sundak
    Harga Kamar Mulai Rp. 300.000,-an
  5. Bamboo Sadranan
    Harga Kamar Mulai Rp. 600.000,-an
Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

Gambar Pantai Nglambor

Lokasi Pantai Nglambor

Peta Pantai Nglambor

Pantai Nglambor diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Lokasinya beradi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Dari Yogyakarta, kamu bisa menempuh perjalanan lebih kurang 2 hingga tiga jam bila ingin ke Pantai Nglambor ini.  Kamu bisa mengawali dengan menyusuri Ringroad Jalan Wonosari menuju Sampaan, Sekarsuli, Piyungan, Bukit Bintang, dan Patuk. Kemudian diteruskan hingga pertigaan Gading.

Rute Pantai Nglambor

Setelah pertigaan Gading, ambil ke kiri menuju Kota Wonosari. Lalu lanjutkan perjalananmu melewati Playen, bundaran Siono, dan terus menuju alun-alun Pemda Wonosari. Kamu bisa melanjutkan perjalanan hingga menuju Baron.

Apabila ingin berkunjung kemari, kamu bisa menyusuri jalan menuju Pantai Siung. Setelah melewati pos retribusi, kamu akan bertemu dengan pertigaan. Setelah belok kanan, kamu akan menyusuri Jalan Makadam. Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut.

Akses jalannya sulit membuat kesan alami selama perjalanan menuju ke pantai ini sangat ketara. Terang saja, menuju ke pantai ini cukup sulit. Kamu tidak bisa membawa kendaraanmu hingga bibir pantai dan harus diparkir agak jauh dari pantai.

Khawatir lelah? Tenang saja. Di sini terdapat ojek yang siap mengantarmu menuju pantai dengan biaya murah meriah.

Gambar Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga

Pemandangan Biota Laut di Pantai Nglambor

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

No.Jenis BiayaHarga
1Parkir MotorRp. 2.000,-
2Parkir MobilRp. 5.000,-
3Parkir BisRp. 15.000,-
4Retribusi Pantai SiungRp. 5.000,-
5Jasa OjekRp. 5.000,-
6Penyewaan Alat Snorkeling (BNS)Rp. 50.000,-

Retribusi tiket masuk di Pantai Nglambor jadi satu dengan retribusi di Pantai Siung, Pantai Jogan, dan Pantai Nglambor (satu paket) yaitu Rp 5000 per orang. Jasa ojek yang dapat digunakan juga hanya Rp 5.000. Sedangkan untuk penyewaan alat snorkel berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Ongkos parkir yang dikenakan di pantai ini juga tidak mahal. Kamu cukup membayar Rp 2000 untuk motor, Rp 5000 untuk mobil, dan Rp 15.000 untuk bis.

Paket Snorkeling Pantai Nglambor

Kamu juga bisa menggunakan paket snorkeling di BNS Pantai Nglambor. Biaya snorkeling di Pantai Nglambor sebsar Rp 50.000 per orang saja kamu bisa menikmati alam Pantai Nglambor didampingi oleh guide profesional. Tentunya dengan paket yang sangat murah ini selain bisa lebih menjaga keselamatan kamu dalam snorkeling, kamu juga bisa dipandu untuk mengetahui mana spot-spot terbaik untuk snorekling oleh para ahlinya.

BNS Pantai Nglambor sendiri selain profesional dan berpengalaman juga merupakan salah satu penyedia jasa snorkeling yang paling terpecaya di Pantai Nglambor gaess. Baik untuk rombongan kecil maupun besar, BNS Pantai Nglambor siap melayani dengan sepenuh hati. So, harga snorkeling Pantai Nglambor cukup murah kan gaess ?

Ingin berkunjung ke Pantai Nglambor ? Jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu, ya. Baju ganti adalah hal wajib yang harus kamu bawa karena aktifitas utama di sini adalah snorkeling. Kamu juga harus mengetahui informasi tentang waktu terbaik untuk snorkeling agar perjalananmu tidak sia-sia. Semua harga  diatas bisa berubah sewaktu-waktu, dan semua gambar diambil dari Instagram @pantai_nglambor. Jadi, sudah siap liburan ke Pantai Nglambor?

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Dua Kura-Kura Penjaga | Muhammad Jefri | 4.5
/* */