free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Pantai Pangandaran dan Nikmati Liburan Seru Di Sini....

Pantai Pangandaran dan Nikmati Liburan Seru Di Sini

Pantai Pangandaran

Foto Instagram By @deden_riswan

PalingAsik.id – Liburanmu kurang seru ? Kamu harus coba berkunjung ke Pantai Pangandaran. Liburan di pantai ini sangat menyenangkan, lo. Kamu bisa melakukan bermacam-macam aktifitas di pantai ini. Misalnya surfing, berjemur, mencoba olahraga air, dan lain-lain.

Apabila kamu datang di sore hari, kamu dapat menyaksikan senja yang memukau. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini, memang menjadi daya tarik bagi tempat wisata ini.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba menarik jaring ikan di Pangandaran bersama nelayan sekitar, lo. Yap, kawasan Pantai Pangandaran dulunya dikenal sebagai kota nelayan kecil. Meskipun sekarang sudah menjadi tempat wisata, beberapa nelayan masih menjaring ikan di sekitar pantai ini.

Pantai yang terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini memang bisa menjadi alternatif liburan seru kamu. Di sini ada beberapa spot yang bisa kamu kunjungi yaitu Pantai Pananjung, Pantai Timur, dan tempat belanja souvenir.

Jika kamu gemar menyaksikan festival dan budaya. Masyarakat Pantai Pangandaran juga sering menggelar berbagai acara adat. Misalnya saja hajat laut yang diselenggarakan satu tahun sekali. Hajat laut adalah upacara melepas sesaji ke laut lepas atau melarung. Upacara ini biasanya diadakan pada bulan Muharam, bertempat di pantai timur Pangandaran.

Tidak hanya hajat laut, Pantai Pangandaran juga memiliki event bertaraf internasional yaitu Festival Layang-layang. Digelar pada bulan Mei, Juni, dan Juli, festival ini tidak hanya menngaet peserta lokal namun juga mancanegara.

Mau tau mengapa pantai ini diberi nama Pantai Pangandaran ? Alkisah, nama pangandaran ini diambil dari kata Pangan dan Daran atau makanan dan tempat bersandar. Jadi, Pangandaran memiliki maksud tempat bersandarnya pendatang yang berada  di Selatan Jawa Barat.

Perlu kamu ketahui. Di balik keindahannya, Pantai Pangandaran juga menyimpan cerita mistis. Konon, Pantai Pangandaran memiliki keterkaitan yang erat dengan penguasa Pantai Selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Kabarnya, Pantai Pangandaran adalah tempat di mana Nyi Roro Kidul pertama kali diangkat menjadi anak penguasa laut kidul.

Pantai Pangandaran

Foto Instagram By @pantai_pangandaran

Karakteristik Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran dikenal dengan keelokan pasir putih dan pasir hitamnya. Kawasan pantai ini terbagi menjadi dua yaitu di sisi barat dan timur. Pantai barat adalah pantai yang ideal untuk berkumpul bersama keluarga. Di kawasan ini, kamu bisa berenang, berjemur, atau menikmati pemandangan.

Di sekitar pantai sebelah barat juga terdapat cagar alam. Kamu bisa melihat hutan bukit yang sangat hijau. Di hutan ini, masih banyak satwa liar yang tinggal seperti monyet, rusa, kerbau, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menemukan gua alami dan gua buatan yang dibangun oleh Jepang selama perang dunia dua. Gua itu berfungsi sebagai bunker. Di sini, kamu juga dapat melihat air terjun yang langsung mengarah ke Pangandaran.

Pantai timur menawarkan keseruan yang berbeda pula. Di sini merupakan surga bagi pecinta makanan laut. Terdapat ribuan panganan olahan laut yang dijual. Kamu bisa membeli di restoran atau warung pinggir pantai.

Pantai Pangandaran merupakan pantai yang landai dengan air yang jernih. Ombak yang ada di pantai ini juga sangat tenang. Ketenangan ombak itu menjadikan biota laut dan terumbu karang di sini dapat tumbuh dengan baik. Jadi tidak perlu takut untuk berenang di sini, ya.

Fasilitas Pantai Pangandaran

Ada banyak fasilitas yang dapat kamu nikmati di Pantai Pangandaran. Selain dapat menikmati indahnya panorama Pantai Pangandaran, kamu juga bisa mencoba berbagai permainan air di pantai ini. Misalnya jetski, snorkeling,  atau sekadar berenang.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba asyiknya bermain parasailing. Takut ketinggian? Kamu juga bisa naik kapal pesiar atau memancing bersama nelayan sekitar. Seru, kan?

Bersepeda keliling pantai? Bisa banget. Di kawasan ini juga telah menyediakan penyewaan sepeda dengan harga sewa yang murah meriah. Kamu bisa menikmati semilirnya angin laut yang segar dan belum tercemar.

Di sekitar Pantai Pangandaran juga terdapat penginapan yang dekat dengan pantai. Penginapan ini meskipun terlihat sederhana namun sangat lengkap fasilitas yang ditawarkan. Tak hanya itu, di sini juga terdapat becak-becak khas Pangandaran yang akan menemani kamu keliling pantai.

Di Pantai Timur, kamu dapat menikmati banyak makanan olahan laut yang menggugah selera. Pantai Timur Pantai Pangandaran memang terkenal sebagai surga kuliner di Pangandaran.

Di kawasan Pantai Pangandaran juga terdapat pusat oleh-oleh khas tempat tersebut. Kamu bisa membeli berbagai macam souvenir untuk di bawa pulang. Souvenir yang dijual berupa pernak-pernik seperti gelang, kalung, cincin, sandal, sepatu, tas, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membawa pulang makanan khas Pantai Pangandaran. Salah satu makanan yang terkenal adalah jambal roti atau ikan asin.

Lokasi, Rute, dan Peta Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran terletak di Kabupaten Pangandaran 91 Km dari Kabupaten Ciamis. Pantai ini adalah tempat wisata alam andalan Kabupaten Pangandaran setelah melepeaskan diri dari Ciamis, 2012 lalu. Pantai yang terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran ini memang pantas menyandang pantai terbaik se Jawa Barat.

Ada banyak sekali rute yang bisa kamu tempuh bila ingin ke Pantai Pangandaran. Tergantung darimana kamu berasal. Jadi, kamu tak perlu khawatir tidak ada rute menuju Pantai Pangandaran dari tempat asalmu.

Naik kendaraan pribadi memang menjadi pilihan paling aman ketika berwisata. Tenang saja, rute menuju Pantai Pangandaran sangat mudah. Kamu bisa mengikuti jalur angkutan umum bila naik kendaraan pribadi.

Apabila kamu datang dari Jakarta, kamu bisa menumpang bis dari Terminal Kampung Rambutan. Kamu bisa naik bis AC atau non AC menuju Ciamis atau Pangandaran. Lama perjalanan dengan menggunakan bis adalah sekitar 7 jam perjalanan.

Selain itu, kamu juga bisa naik pesawat terbang. Melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, kamu bisa terbang menuju ke Bandara Nusawiru, Pangandaran.

Berasal dari kota lain? Kamu cukup naik bis menuju Kabupaten Ciamis. Setelah itu akan banyak bis atau pun mobil elf yang akan membawamu ke Pantai Pangandaran. Tidak perlu takut kehabisan bis. Bis-bis di sini beroperasi hingga pukul 10 malam, kok.

Pantai Pangandaran

Foto Instagram By @yuliabaltschun

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Untuk masuk ke Pantai Pangandaran, pemerintah setempat memberlakukan tiket masuk. Htm per-Agustus 2017 yaitu Rp 6.000 untuk pekalan kaki, Rp 12.500 untuk sepeda motor, dan Rp 32.000 untuk kendaraan sedang. Sedangkan untuk kendaraan jenis carry biaya yang dikenakan adalah Rp 62.000. Untuk kendaraan penumpang besar Rp 89.000.

Apabila kamu menggunakan bis biaya yang dikenakan sekitar Rp 118.000 hingga Rp 293.000 tergantung besarnya bisa yang kamu tumpangi. Nah, semakin ramai rombonganmu, harga tiketnya akan semakin murah. Karena tika masuk di Pantai Pangandaran ini dihitung berdasarkan  jenis kendaraanmu bukan perorangnya.

Dengan panorama alam yang indah, fasilitas bermain yang lengkap, dan tiket masuk yang murah, Pantai Pangandaran bisa kamu masukkan ke dalam daftar tempat wisata yang akan kamu kunjung, lo. Jangan sampai menyesal karena belum pernah mengunjungi Pantai Pangandaran.

 

/* */