free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Eksotisme Pantai Santolo Yang Selalu Menggoda....

Eksotisme Pantai Santolo Yang Selalu Menggoda

PalingAsik.id – Tahukah kamu ? Selain Pantai Pangandaran, Jawa Barat juga memiliki pantai lain yang tak kalah indahnya. Pantai itu adalah Pantai Santolo di Garut. Berada di Garut bagian selatan, Pantai Santolo adalah pantai yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Garut. Pantai dengan pasir putih dan garis pantai yang panjang ini memang menyimpan keunikan yang menakjubkan.

Di kawasan Pantai Santolo, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Santolo. Kamu dapat menyewa perahu dan berlayar menuju pulau ini. Sebenarnya, ada jembatan yang menghubungkan pantai dan pulau. Hanya saja jembatan itu sudah tua dan tak layak digunakan.

Nah, di bawah jembatan ini terdapat fenomena alam yang tak biasa. Pantai Santolo merupakan hilir Sungai Cilauteureun. Fenomena unik yang terjadi, apabila air laut pasang, air akan mengalir menuju ke sungai bukan sebaliknya. Fenomena unik ini memang terlihat seperti melanggar hukum alam. Padahal, hal ini terjadi karena posisi hilir sungai yang cenderung lebih rendah dari bibir pantai.

Di kawasan Pantai Santolo, terdapat tempat peluncuran roket milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasinal (LAPAN). Selain itu, Pantai Santolo juga merupakan tempat berkumpulnya nelayan tradisional. Pantai ini juga berfungsi sebagai dermaga kapal ikan dan perahu yang ada di Pameungpeuk.

Pantai Santolo

📷 Instagram dari : @vauzi86

Karakteristik Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah pantai yang memiliki garis pantai panjang juga merupakan pantai  pasir putih. Di sini juga terdapat bebatuan yang menjorok ke laut. Selain itu, di sepanjang pantai ini juga terdapat batu karang. Jadi, kamu bisa menyusuri batu karang tersebut.

Birunya air laut dan kumpulan batu-batu besar akan membuatmu benar-benar terpesona. Kamu juga bisa menikmati biota laut di sana. Dengan laut yang tenang kamu juga dapat berenang di sana. Namun, kamu harus tetap berhati-hati, ya.

Seperti yang disebutkan di atas, pantai ini adalah tempat berkumpulnya nelayan. Terdapat dermaga atau tempat pelelangan ikan di sini. Kamu bisa melakukan jual beli ikan di pantai ini.

Selain itu keunikan yang ada di hilir Sungai Cilauteureun juga tidak boleh kamu lewatkan. Cilaut eureun adalah bahasa sunda yang berarti laut yang berhenti. Air di sana memang sangat tenang. Saking tenangnya, laut tersebut seperti berhenti.

Pantai Santolo

📷 Instagram dari : @aldianovsky

Fasilitas Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah pantai yang menjadi tujuan wisata populer di Garut. Meskipun begitu pantai ini tidak begitu ramai. Kamu benar-benar bisa menikmati waktu liburanmu di sana.

Selain dapat menikmati indahnya pantai, kamu juga bisa menyewa perahu-perahu nelayan, untuk menikmati ombak laut yang mendebarkan. Selain itu, kamu juga bisa memancing dengan menumpang perahu nelayan di sana.

Kamu juga bisa menikmati permainan-permainan ekstrim yang memacu adrenalin. Seperti banana boat. Hanya dengan Rp 25.000 saja, kamu dapat merasakan sensasi berkendara di laut luas.

Selain itu, kamu juga bisa menyebrang ke Pulau Santolo. Pulau kecil ini berada di depan pantai yang hanya dipisahkan dengan sungai kecil. Sungai kecil ini yang menjadi pelabuhan Cilaut Eureun dan muara dari sungai dan laut.

Untuk menyebrang ke Pulau Santolo, kamu bisa menyebrang dengan menumpang perahu. Tarif menyebrang adalah Rp 4.000 pulang pergi. Sebenarnya terdapat jembatan gantung yang menghubungkan pantai dan pulau. Namun, jembatan itu kini sudah tidak digunakan karena kondisinya yang rusak.

Di Pulau Santolo ini, terdapat pantai yang tak kalah indahnya dengan Pantai Santolo. Pantai itu bernama Pantai Sayang Heulang.

Bagi kamu yag ingin menginap di pantai ini, jangan khawatir. Di pantai ini, tersedia banyak sekali penginapan dari yang low budget hingga dengan harga yang lebih tinggi. Kamu juga bisa menyewa rumah tipe bunglow atau rumah sewa bila datang kemari bersama rombongan.

Lebih asyiknya lagi, beberapa penginapan menghadap ke arah pantai. Kamu jadi tidak akan kehilangan moment-moment indah seperti matahari terbenam. Kamu dapat berfoto atau membuat   video yang indah bersama orang-orang tersayang.

Kamu lapar? Di pantai ini, tersedia banyak restoran dan rumah makan biasa yang buka 24 jam. Menu makanan favorit diberbagai restoran ini adalah seafood dan ikan bakar. Kelezatan seafood di Pantai Santolo sangat terkenal.

Salah satu permasalahan yang ada di Pantai Santolo ini adalah harga seafood yang dijual cukup mahal. Jarang sekali terdapat harga makanan yang murah di sini. Jadi, sebelum makan, sebaiknya kamu meneliti harga-harga makanannya terlebih dahulu.

Komoditi yang banyak di pantai ini adalah layur, cumi, dan tongkol. Sedangkan kepiting jarang sekali ada di sini. Jadi, bila ada rumah makan yang menawarkan kepiting, harganya pasti mahal. Kamu juga bisa membeli ikan di pelelangan ikan di sini dengan harga yang beragam.

Lokasi, Rute, dan Peta Pantai Santolo

Pantai Santolo berada di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini berada 90 KM dari pusat Kota Garut. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju pantai ini adalah sekitar 3,5 jam.

Apabila kamu ingin berlibur ke Pantai Santolo kamu bisa melewati 4 rute yang berbeda. Rute pertama adalah rute yang umum yang dilalui. Rute tersebut melewati Garut, Cikajang, Cikelet, dan Pameungpeuk.dengan rute ini, kamu juga bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan umum.

Rute pertama adalah rute yang biasa dilewati oleh wisatawan dari berbagai kota. Misalnya Kabupaten Tasik, Bandung, Jakarta, dan kota lainnya. Hanya saja kamu harus berhati-hati bila melewati rute ini karena jalan di sini berkelok-kelok. Selain itu,tikungan-tikungan di jalan ini juga sangat tajam.

Rute kedua yang dapat kamu lewati adalah melewati Ciwidey. Jalur ini merupakan jalur yang lumayan jauh. Selain itu, kendaraan umum juga jarang beroperasi pada rute ini. Namun, pemandangan di jalur ini sangat indah. Apabila kamu melewati Ciwidey, kamu akan melewati Cisewu dan Bungbulang kemudian Pameungpeuk.

Pantai Santolo

📷 Instagram dari : @jalan_jalanterus

Rute ketiga adalah rute untuk kamu yang melakukan perjalanan dari Bandung. Kamu bisa menggunakan jalur Ranca Bali menuju ke Naringgul. Kemudian kamu akan melewati Cidaun, Rancabuaya, dan Santolo. Jalur alternatif lain yang dapat kamu lewati adalah Pangalengan.

Rute terakhir yang dapat kamu tempuh adalah untuk kamu yang berasal dari Pangandaran dan Tasik. Jalur ini menggunakan jalur Cipatujah atau jalur lintas selatan. Saat ini kondisi jalan di jalur lintas selatan sudah sangat baik.

Persiapan mental memang perlu kamu lakukan apabila kamu ingin berangkat ke Pantai Santolo. Jarak yang ditempuh yang jauh, jalan yang sempit, serta berkelok-kelok, memang cukup ekstrim. Apalagi bila kamu menggunakan bus besar.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo

Tiket masuk untuk ke Pantai Santolo ini adalah Rp. 5000,- per orangnya. Sedangkan untuk biaya parkirnya, anda harus membayar Rp. 5000,- per kendaraannya. Selain karakteristik pantai dan fasilitas yang lengkap, tiket masuk yang murah juga jadi daya tarik pantai ini.

Banyaknya restoran dan rumah makan yang ada di Pantai Santolo juga akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Jadi tunggu apa lagi ? Ajaklah keluarga dan sahabat-sahabatmu berkunjung ke pantai ini. Semoga ulasan artikel PalingAsik.id mengenai Pantai Santolo diatas bermanfaat, dan selamat berlibur 🙂

/* */