free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Pantai Tiga Warna Malang, Keindahan Yang Hakiki....

Pantai Tiga Warna Malang, Keindahan Yang Hakiki

PalingAsik.id – Pantai Tiga WarnaMalang, terutama di Malang Selatan, adalah salah satu kota yang penuh dengan tempat wisata. Di sini terdapat berbagai macam pilihan tempat wisata terutama wisata pantai. Banyaknya pantai di Malang, membuat Malang menyandang predikat Kota Seribu Pantai. Salah satu pantai yang terkenal di Malang adalah Pantai Tiga Warna.

Pantai Tiga Warna adalah pantai yang paling banyak diminati oleh wisatawan baik domestik mau pun mancanegara. Mendengar namanya saja sudah membuat kamu jadi penasaran, kan? Kamu pasti membayangkan bagaimana keindahan pantai ini, bukan?

Pantai Tiga Warna memang pantai yang sangat indah. Keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai di Banyuwangi, Jogja, atau pun Bali. Dengan pasir putih dan laut yang seakan-akan memiliki tiga warna, pantai ini benar-benar dapat membuat perasaanmu bahagia.

Pantai ini sangat terjaga kebersihannya. Karena sebelum kamu bebas bermain di pantai, barang bawaanmu yang berpotensi menjadi sampah akan didata. Nah, ketika kamu pulang barang-barang tersebut akan di cek kembali. Bila ada yang kurang satu barang saja, kamu akan didenda Rp 100.000, lo.

Pantai yang juga jadi tempat konservasi ini memang dikelola dengan sangat baik. Pihak manajemen benar-benar ingin memperkenalkan keindahan Pantai Tiga Warna. Selain itu, pengelola ingin mengedukasi wisatawan bagaimana cara menjaga kelestarian alam.  Tak heran, peraturan di Pantai Tiga Warna memang sangat ketat.

Pantai Tiga Warna Malang

📷 Instagram dari : @rrchmnt

Karakteristik Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna adakah pantai berpasir putih dengan pemandangan alam yang indah. Uniknya, meskipun berada di selatan Jawa, karakteristik ombak di pantai ini cukup tenang. Pantai Tiga Warna memang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang asri. Bukit-bukit inilah yang berfungsi sebagai pemecah ombak alami.

Visibilitas di Pantai Tiga Warna ini juga cukup jernih. Sehingga kamu bisa melihat kekayaan alam di bawah laut, seperti terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Jadi, kamu bisa berenang dengan tenang dan snorkeling di sini.

Daya tarik dari Pantai Tiga Warna ini adalah terdiri dari tiga warna yang berbeda yaitu merah, hijau, dan biru. Kamu pasti bertanya-tanya, apa sih yang membuat Pantai Tiga Warna memiliki perbedaan warna?

Warna merah di pantai ini terbentuk karena pembiasan cahaya matahari. Matahari memiliki 7 warna yang memiliki gelombang yang berbeda. Gelombang itulah yang kemudian menembus air laut dan membuatnya menjadi bewarna merah. Namun, karena semakin panjang gelombang, kekuatan menembusnya semakin rendah, warna merah  di sini hanya sampai kedalaman 20 meter saja.

Selain warna merah, di Pantai Tiga Warna Pantai Tiga Warna terdapat warna hijau. Warna hijau ini terbentuk karena pengendapan lumpur dari dasar laut. Selain itu, di sini hidup plankton-plankton dalam jumlah besar.

Warna terakhir dari pantai ini adalah warna biru. Seperti yang kita ketahui, warna biru adalah warna laut yang biasa.

Pantai Tiga Warna Malang

📷 Instagram dari : @seylase

Fasilitas Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna menggunakan sistem yang berbeda dibanding dengan pantai lainnya. Kamu harus melakukan reservasi dulu apabila hendak berlibur ke pantai ini. Pengunjung di pantai ini setiap harinya juga dibatasi. Hanya 100 pengunjung saja pergelombangnya.

Ada banyak fasilitas yang dapat kamu nikmati di Pantai Tiga Warna ini. Salah satu yang paling populer adalah snorkeling. Yak, Pantai Tiga Warna memang salah satu pantai di Malang yang digunakan untuk snorkeling.

Kamu juga tidak perlu repot-repot membawa peralatan snorkeling dari rumah, lo. Pengelola di pantai ini telah menyediakan perlengkapan snorkeling. Biaya sewanya juga cukup murah. Hanya dengan Rp 15.000 saja kamu sudah dapat menikmati indahnya ciptaan Tuhan di dasar laut.

Lokasi, Rute, dan Peta Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna ini berlokasi di Tambak Rejo, Desa Sumber Manjing Wetan atau Desa Sumawe. Jarak dari Kota Malang ke pantai ini berkisar 73 KM atau setara dengan 2 jam 30 menit perjalanan.

Apabila kamu berangkat dari Malang Kota, kamu harus melewati rute menuju ke Gadang, lalu ke arah Turen. Dari pertigaan turen, kamu bisa belok kanan mengikuti arah ke Sendang Biru. Kemudian kamu akan menemukan persimpangan, yang kanan ke arah Pantai Sendang Biru, sedangkan ke kiri ke arah Goa Cina/Bajul Mati. Pilihlah ke arah Goa Cina/Bajul Mati.

Setelah lurus sejauh 2 KM, kamu akan kembali menemukan persimpangan jalan. Ambillah jalan ke arah tempat pelelangan ikan. Di sana akan ada perkampungan dan ambil arah ke Clungup Mangrove Conservation.

Jangan Lewatkan : Pantai Klayar Pacitan Yang Mempesona

Apabila ingin mengunjungi Pantai Tiga Warna, sebaiknya kamu menggunakan sepeda motor. Karena mobil tidak dapat masuk hingga ke pantainya. Apabila kamu naik mobil, kamu harus berjalan kaki cukup jauh dari tempat parkir menuju pas pendataan.

Sebelum menuju ke Pantai Tiga Warna, kamu akan ditawari dengan 2 pilihan rute. Rute By Pass serta Full Track. Kamu juga bisa memilih kedua rute tersebut.

Rute By Pass biasanya banyak dipilih oleh wisatawan wanita karena jarak tempuhnya lebih dekat. Kamu hanya perlu waktu satu jam berjalan kaki bila melewati rute ini. Melalui rute ini, kamu akan diajak berjalan di tengah perkebunan dan ladang.

Sedangkan rute favorit adalah full track. Rute ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualang dan menyukai tantangan. Melalui rute ini kamu akan menempuh perjalanan 2 sampai 3 jam. Namun, kamu bisa menikmati pantai-pantai yang sangat indah seperti Pantai Clungup, Gatra, Savana, Watu Pecah, dan Pantai Mini.

Pantai Tiga Warna Malang

📷 Instagram dari : @sam_elpakpahan

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

Seperti yang sudah diceritakan di atas, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung kemari. Jumlah pengunjung maksimal adalah 100 pengunjung. Kuota maksimal per grup juga dibatasi, yaitu 10 orang saja. Untuk HTMnya, perorang dikenakan biaya sebesar Rp 6.000 saja.

Selain itu, kamu juga harus menyewa 1 tour guide lokal. Tour guide ini yang akan memandu perjalanan wisatamu selama di Pantai Tiga Warna. Tour guide ini juga akan menjadi sosok yang cerewet karena tugasnya mengingatkan pengunjung yang lalai dan tidak menjaga lingkungan.

Apabila kamu ingin berpartisipasi dalam melestarikan alam, kamu wajib membayar tiket kembali. Harga tiket masuk ini seharga dengan satu pohon bakau. Jadi, istilahnya kamu membeli pohon bakau dan jadilah kamu pahlawan lingkungan.

Baca Juga : Spot Instagramable Di Pantai Indrayanti Yogyakarta

Selain jumlah pengunjung yang dibatasi, jam kunjung di Pantai Tiga Warna ini juga ada batasnya. Tiap rombongan hanya dapat berkunjung selama 2 jam saja. Apabila waktunya sudah habis, tour guide akan mengingatkanmu untuk segera menyudahi waktu liburan anda.

Selain pesona alamnya yang memukau, pengelolaan Pantai Tiga Warna juga telah sangat baik. Hal ini yang membuat berbondong-bondong wisatawan datang kemari. Tak jarang wisatawan tersebut harus menunggu antrian yang lama ketika ingin berkunjung ke pantai ini.

Apabila kamu ingin berkunjung kemari, jangan lupa untuk menyiapkan semuanya, ya. Pastikan bahwa kamu berhasil reservasi. Jangan lupa jaga kondisi tubuh. Karena ketika kamu berkunjung ke Pantai Tiga Warna ini, kamu harus menempuh perjalanan jalan kaki yang cukup jauh. Siap berlibur ke Pantai Tiga Warna ?

/* */