free web page hit counter
Informasi Paling Asik
Sedang memuat....Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini....

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini

PalingAsik.id Seni budaya Indonesia akhir-akhir ini semakin tersebar luas hingga ke negeri tetangga. Termasuk tari tradisional Jawa Timur yang salah satunya sempat menjadi sebuah perbincangan hangat. Ini disebabkan dengan adanya berita klaim dari negara Jiran mengenai salah satu tarian Jawa Timur.

Oleh karena itu, beberapa budaya di Indonesia sempat didaftarkan ke UNESCO untuk mendapatkan status keaslian budaya. Dari kasus ini pastinya membuat masyarakat luas sadar akan pentingnya menjaga kelestarian seni budaya tanah air. Untuk lebih mengenal budaya kita sendiri, berikut nama-nama beserta sejarah tarian asli Jawa Timur yang patut dipertahankan ala tim PalingAsik.id :

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini :

Tari Tradisional Jawa Timur – Reog Ponorogo

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini

Tari Tradisional Reog Ponorogo

Tarian yang satu ini sangat terkenal sebagai tarian khas asli Jawa Timur. Sejarah dari tari Reog Ponorogo berawal dari perjalanan Prabu Kelana Sewandana dalam mencari gadis pujaan hati. Sang Prabu kala itu ditemani oleh patihnya bernama Bujangganong hingga bertemu dengan gadis pujaan hatinya itu.

Gadis tersebut bernama Dewi Sanggalangit yang merupakan seorang putri asli dari Kediri. Namun, ternyata ada persyaratan yang diajukan oleh putri untuk sang Prabu yaitu menciptakan kesenian. Maka dari itu, sang Prabu dengan para prajurit menciptakan tarian yang akhirnya dinamakan tari Reog.

Pada saat ini, tarian ini biasanya ditarikan oleh 6-8 wanita dan juga pria dengan jumlah yang sama. Mereka melewati beberapa sesi dengan durasi yang panjang. Kostum yang digunakan pun topeng seperti barongsai dengan berat 50kg.

Tari Tradisional Jawa Timur – Gandrung

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini

Tari Tradisional Gandrung

Tari Gandrung adalah tarian khas Banyuwangi, Jawa Timur yang mengusung tema pemanggilan Dewi Sri. Pada zaman dahulu kala, masyarakat percaya bahwa Dewi Sri adalah Dewi Padi yang mampu mengabulkan permintaan mereka.

Kala itu, sang Dewi mampu memberikan kesuburan tanah dan kesejahteraan masyarakat. Namun, tarian ini muncul ketika ibu kota Balambangan sedang dibangun. Jenis tarian ini sama dengan genre tari Ketuk Tilu tapi berbeda cerita. Tari Gandrung ini mengangkat cerita rakyat turun temurun yang bisa dinikmati banyak orang.

Kostum yang biasa digunakan oleh para penari yaitu baju yang terbuat dari beludru lengkap dengan aksesoris dan atributnya. Mereka juga mengenakan mahkota di kepala yang bernama omprok. Sedangkan, pada kakinya menggunakan samping batik dan gerakannya diiringi musik kempul atau gong.

Tari Tradisional Jawa Timur – Beskalan

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini

Tari Tradisional Beskalan

Tari Beskalan ini berasal dari Malang, Jawa Timur yang diambil dari kata “bakalan”. Usia tarian ini sudah ratusan tahun namun masih tetap lestari hingga kini dikenal oleh masyarakat. Tarian ini mengusung gerakan yang lemah gemulai dan ditarikan oleh wanita yang feminin.

Meskipun begitu, gerakannya cukup lincah dan dinamis yang menunjukkan keanggunan seorang wanita. Tarian ini terbilang hampir samadengan tarian Jaipong karena gerakannya yang terkesan seksi dan lembut.

Namun, bisa dibedakan melakui bahasa Sinden yang menyanyi melatari para penari. Musik yang mengiringi tari Beskalan yaitu jidor, kendang, sinden, dan lainnya.

Tari Tradisional Jawa Timur – Glipang

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini

Tari Tradisional Glipang

Tarian yang satu ini sangat khas dengan pakaian seperti laki-laki. Namun, penarinya juga bisa para wanita yang tetap mengenakan pakaian tersebut. Alat musik yang digunakan ditabuh seperti di negara Arab. Nama tarian Glipang itu sendiri mengandung kata Gholiban dari bahasa Arab yang berarti kebiasaan.

Sejarahnya berawal dari Seno Truno seorang mandor penebang tebu di perusahaan Belanda. Tarian ini mencerminkan pemberontakan pada masa penjajahan di kala itu. Kembali pada sejarah, sikap Belanda saat itu memang sewenang-wenang hingga membuatnya berhenti bekerja.

Kemudian ia berinisiatif membuat gerakan tarian untuk menceritakan sejarah kehidupannya di masa itu. Gerakan tarian ini memiliki gerakan posisi kuda-kuda yang seolah-olah ingin menyerang. Kesan kaku dan emosional pun muncul dalam tarian ini.

Tari Tradisional Jawa Timur – Jaranan Buto

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini

Tari Tradisional Jaranan Buto

Tarian ini asli dari Banyuwangi, Jawa Timur yang mengandung arti raksasa pada kata ‘buto’. Dengan kata lain, tarian ini memiliki arti kuda lumping raksasa karena terdapat nama jaranan buto. Jumlah penari mencapai 16-20 orang yang merupakan jumlah yang banyak. Tarian ini juga ditarikan oleh laki-laki.

Sayangnya, eksistensi tarian ini hampir punah dikarenakan berkurangnya pementasan turun temurun. Biasanya, pertunjukan tarian ini digelar pada acara khitanan dan pernikahan. Para penari berdandan dengan make up tebal seperti topeng dan berkesan menyeramkan.

Mengingat tema tarian ini adalah raksasa sehingga para penari diberikan tampilan mirip seperti raksasa. Konon ceritanya, tari Jaranan Buto ini diangkat dari Menak Jinggo yang bercerita tentang sosok manusia berwajah raksasa. Gerakannya pun juga ekstrim seperti adegan berkelahi yang pada akhirnya penari akan kesurupan. Musik yang mengiringi tarian ini yaitu gendang.

Tari Tradisional Jawa Timur – Remo

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini

Tari Tradisional Remo

Tari Remo dikenal sebagai tarian penyambutan pada tamu agung di zaman dulu. Tarian ini memang telah diciptakan sejak zaman dahulu oleh pengamen. Pada tempo dulu sepertinya memang diharuskan bisa menari semuanya. Bahkan pengamen juga bisa menari dan malah menciptakan tarian yang turun temurun.

Tari Remo biasanya ditarikan oleh laki-laki, namun perkembangan zaman penari wanita diijinkan untuk menarikannya. Sehingga, muncullah nama tari Remo Putri yang ditarikan oleh para wanita. Pada masa dulu, tarian ini ditunjukkan pada waktu pembukaan pertunjukan ludruk.

Namun, seiring berjalannya waktu, tari Remo dipentaskan pada setiap pertunjukan seni jenis apapun. Kostum yang dikenakan oleh para penari berbeda-beda. Busana gaya Surabayan, Gaya Malangan, remoputri, sawunggaling, dan juga jombangan dapat dipakai oleh para penari. Kemudian, gamelan yang mengiringi gerakan tari Remo ini.

Tari Tradisional Jawa Timur – Wayang Topeng

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini

Tari Tradisional Wayang Topeng

Tarian yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki nama yang sama dengan tarian di Jawwa Barat. Tari Wayang Topeng yang kali ini lahir di kota Malang yang memiliki ciri khas pada kostum penarinya. Para penari menggunakan topeng ketika akan menari dan menggunakan busana wayang kulit.

Pada masa lampau, tarian ini dipercaya sebagai tarian sakral yang dipertunjukkan pada saat ritualsaja. Topeng ternyata memiliki makna sebagai lambang rasa apresiasi pada wajah nenek moyang. Oleh karena itu, tarian ini dipercaya pula sebagai penghargaan pada roh leluhur. Sehingga, tak mengherankan bila tari Wayang Topeng Jawa Timur memgandung unsur mistis.

Sejarah tarian ini dimulai saat agama Islam masuk wilayah Jawa. Tarian ini dijadikan trik menarik hati orang Jawa yang mana kala itu menganut Hindu sangat kental. Tarian inijuga mengisahkan Ramayana dan Panji yang diiringi dengan bonang, gamelan, gong, dan kendang.

Itulah nama-nama tari tradisional Jawa Timur yang perlu lebih dikenal dan dilestarikan bersama. Negara Indonesia sudah terkenal dengan keberagaman seni budaya hingga ke luar negeri. Tak mengherankan jika banyak para turis manca negara yang melirik keindahan seni tari di daerah Jawa Timur dan sekitarnya.

Pulau Jawa memang terkenal dengan unsur mistis dari keseniannya. Sama dengan seni tari di luar pulau Jawa yang mungkin saja memiliki makna mistis. Namun sebagai masyarakat, patut untuk melestarikan dan menjaga seni tari daerah masing-masing. Hal ini agar tetap terjaga budaya sendiri hingga turun temurun. Selain Tari Tradisional Jawa Timur, PalingAsik.id juga merangkum beberapa tari daerah lainnya lohh, cek saja !

Tari Tradisional Jawa Timur Paling Populer Saat Ini | Muhammad Jefri | 4.5
/* */